Makanan-makanan Sumber Flavonoid

 Makanan-makanan Sumber Flavonoid

BIBLIOTIKA - Flavonoid adalah komposisi dalam makanan yang merupakan antioksidan penangkal radikal bebas. Flavonoid berfungsi melindungi dinding pembuluh darah, mengurangi risiko alergi, menjaga kesehatan otak, serta mencegah berbagai penyakit kanker.

Umumnya, flavonoid terkandung di dalam buah-buahan dan sayur-sayuran, meski juga dapat diperoleh melalui suplemen. Berikut ini beberapa makanan yang menjadi sumber flavonoid, sehingga bagus untuk dikonsumsi.

Bluberi

Buah bluberi adalah sumber antioksidan tinggi yang membantu melindungi dinding pembuluh darah dan melindungi otak dari Alzheimer. Selain itu, bluberi juga mengandung senyawa bernama D-mannose yang membantu mencegah infeksi saluran kencing. Terakhir, bluberi juga sangat baik dalam mengurangi inflamasi pada perut dan sistem pencernaan.

Teh hijau


Teh hijau telah terkenal sebagai sumber flavonoid. Di dalam teh hijau terdapat senyawa polifenol yang merupakan antioksidan pencegah inflamasi dan kanker. Selain itu, berbagai kandungan dalam teh hijau seperti kafein, teanin, dan katekin, mampu membantu meningkatkan sistem metabolisme tubuh.

Cokelat

Cokelat kaya antioksidan yang menyehatkan sistem kardiovaskular, dan membantu menurunkan tekanan darah tinggi, melancarkan sistem peredaran darah, dan membuat trombosit bekerja dengan lebih baik. Dibanding cokelat biasa, cokelat hitam atau dark chocholate mengandung flavonoid lebih banyak.

Ceri

Buah ceri mengandung flavonoid yang dapat membantu memperkuat dinding pembuluh darah dan mencegah kelainan mata. Selain buah ceri, buah blackberry juga merupakan sumber flavonoid yang baik.

Sayuran

Berbagai sayuran, semisal brokoli, kale, bawang bombai, paprika, dan bayam, adalah makanan-makanan yang mengandung flavonoid. Karenanya, mengonsumsi sayuran setiap hari sangat disarankan untuk menjaga kesehatan, serta menjauhkan tubuh dari kemungkinan serangan penyakit.