Makanan-makanan Pencegah Gigi Berlubang

 Makanan-makanan Pencegah Gigi Berlubang

BIBLIOTIKA - Rajin menggosok gigi setiap hari, khususnya setelah makan, adalah cara mudah dan sehat untuk menjaga kesehatan gigi, agar gigi terbebas dari berbagai masalah. Di antara masalah yang kadang terjadi adalah gigi berlubang. Selain kadang menyakitkan, masalah gigi berlubang juga sering menimbulkan bau mulut. Karenanya, sebelum terjadi, jauh lebih baik menjaga kesehatan gigi agar terhindar dari masalah gigi berlubang.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang bisa dikonsumsi untuk membantu kesehatan gigi, khususnya menjauhkan kemungkinan gigi berlubang.

Teh

Teh, khususnya teh hitam dan teh hijau, mengandung polifenol yang mampu memperlambat pertumbuhan bakteri penyebab gigi berlubang dan penyakit gusi. Rutin mengonsumsi teh setiap hari bisa menjauhkan Anda dari masalah gigi.

Keju

Makanan manis disinyalir menjadi salah satu penyebab yang menyuburkan bakteri dalam mulut, hingga menimbulkan berbagai masalah, termasuk gigi berlubang. Keju, khususnya keju cheddar, mampu menurunkan kadar asam dalam mulut setelah makan makanan manis.

Susu

Mengonsumsi susu bisa membantu menetralkan efek manis dari makanan yang dikonsumsi. Seperti keju, susu mampu menurunkan kadar keasaman yang diproduksi makanan manis.

Kismis

Meski rasanya manis, namun kismis tidak mengandung sukrosa karena manisnya alami. Kismis juga ampuh dalam mencegah gigi berlubang dan bau mulut, karena mengandung phytochemical yang menghilangkan bakteri penyebab plak pada gigi, dan menghambat pertumbuhan bakteri penyakit gusi.

Apel, wortel, dan mentimun

Mengunyah apel dapat menjadi sarana efektif dalam membersihkan gigi, karena merangsang produksi air liur, sehingga menghilangkan bau mulut. Begitu pula mengunyah wortel atau mentimun.

Makanan kaya nutrisi

Makanan-makanan yang mengandung kalsium, semisal keju, almond, dan sayuran berdaun, bisa membantu gigi lebih kuat serta menghindarkan masalah gigi. Begitu pula makanan kaya fosfor semisal daging, ikan, dan telur, bisa membantu gigi tetap sehat dan terhindar dari masalah gigi berlubang.

Permen karet tanpa gula

Mengunyah permen karet setelah makan, terutama permen karet yang tidak mengandung gula, bisa meningkatkan produksi ludah dalam mulut, sehingga bakteri penyebab gigi berlubang akan terbunuh.

Cranberry

Cranberry adalah buah yang mengandung polifenol yang membantu mengurangi plak pada gigi, sehingga mampu menurunkan risiko gigi berlubang dan masalah bau mulut.