Makanan-makanan Pembangkit Semangat

 Makanan-makanan Pembangkit Semangat

BIBLIOTIKA - Kesibukan dan aktivitas yang tanpa henti dapat membuat tubuh lelah atau letih, dan biasanya pada waktu itu Anda merasa kehilangan energi bahkan semangat. Selain akibat kerja, beban pikiran yang menumpuk juga dapat membuat Anda kehilangan semangat, sehingga tubuh ikut terpengaruh.

Beberapa orang meluangkan waktu untuk menonton film kesukaan atau acara teve favorit untuk mengembalikan semangatnya. Namun, Anda juga bisa mengembalikan semangat dengan mengonsumsi makanan berikut ini.

Kafein

Sepulang kerja, setelah mandi dan membersihkan tubuh, secangkir kopi dapat membantu Anda memulihkan semangat yang sempat hilang akibat kelelahan. Kafein dalam kopi telah dipercaya dapat membangkitkan semangat, karena kafein mampu mendorong otak mengeluarkan hormon dopamin, yang menjadikan Anda lebih fokus.

Lemak sehat

Lemak sehat atau lemak baik yang dihasilkan dari alpukat, jagung, atau kacang-kacangan, bisa mengembalikan semangat yang hilang. Lemak yang sehat juga dibutuhkan tubuh untuk memperlambat kerja pencernaan, membantu Anda lebih tenang, serta memberi cadangan gula dalam darah.

Karbohidrat

Tak jauh beda dengan lemak sehat, karbohidrat juga berfungsi sebagai cadangan gula dalam darah. Meski, tentu saja, Anda tidak perlu berlebihan mengonsumsinya.

Protein

Protein dibutuhkan tubuh untuk memproduksi serotonin. Untuk menunjang hal tersebut, Anda membutuhkan protein yang mengandung tryptophan dan asam amino. Protein bisa diperoleh dari daging merah, unggas, telur, dan kacang-kacangan. Dalam sehari, Anda membutuhkan 320 miligram tryptophan, atau setara dengan 4 ons daging ayam.

Sayuran

Selain sangat baik dalam menunjang kesehatan, mengonsumsi sayuran juga dapat membantu Anda memulihkan energi yang hilang. Sayuran semacam bayam atau selada mengandung asam folat yang tinggi. Ketika dikonsumsi, asam folat akan mengalir ke dalam sel darah merah, dan membantu suasana hati Anda menjadi lebih baik.

Rempah-rempah

Rempah-rempah dapur yang biasa digunakan untuk masakan, semisal kunyit, mengandung zat antidepresan yang dapat membantu mengurangi stres yang Anda alami.