Makanan-makanan Pembakar Lemak Tubuh

Makanan-makanan Pembakar Lemak Tubuh

BIBLIOTIKA - Lemak bisa terdapat di berbagai bagian tubuh, dari paha, lengan, sampai perut. Banyaknya lemak menjadikan berat badan bertambah, dan tubuh terlihat gemuk. Banyak orang berusaha menghilangkan lemak di tubuhnya karena ingin langsing atau menurunkan berat badan. Olahraga tentu menjadi sarana yang efektif untuk membakar lemak. Di samping itu, beberapa makanan juga bisa membantu mewujudkan hal tersebut.

Berikut ini beberapa makanan yang membantu membakar lemak di tubuh, sehingga bisa rutin dikonsumsi, khususnya jika Anda ingin menghilangkan timbunan lemak di tubuh.

Cabai rawit

Cabai rawit memiliki rasa pedas yang membantu tubuh meningkatkan panas dan mempercepat metabolisme, yang hasil akhirnya ikut membakar lemak.

Jahe

Tak jauh beda dengan cabai rawit, jahe juga mampu memicu metabolisme yang mempercepat pembakaran lemak dalam tubuh.

Kayu manis

Rempah ini efektif dalam menurunkan gula dalam darah yang mencegah kegemukan serta membakar lemak.

Jeruk

Semua jenis buah jeruk, termasuk jeruk nipis, jeruk keprok, dan lainnya, mengandung vitamin C yang membantu menurunkan kadar lemak pada tubuh. Studi yang dipublikasikan Journal of Nutrition menyebutkan, vitamin C pada darah akan membantu membakar lemak lebih cepat.

Buah beri dan apel

Buah beri dan apel mengandung nutrisi yang baik, juga zat pektin yang mudah larut saat diserap oleh tubuh, sehingga tidak berubah menjadi lemak.

Apel mengandung serat yang menyehatkan, serta rendah glukosa. Sementara zat pektin dalam apel memiliki fungsi menyerap air dan lemak berlebih dalam tubuh. Mengonsumsi apel akan menjauhkan Anda dari ngemil, sehingga proses pembakaran lemak dalam tubuh bisa berjalan lebih cepat.

Salmon

Ikan salmon mengandung asam lemak omega-3 yang merupakan nutrisi ampuh dalam melawan kegemukan. Kandungan tersebut juga membantu menyeimbangkan kadar insulin yang biasanya menyebabkan kegemukan serta diabetes.

Bawang putih

Allicin, senyawa yang terkandung dalam bawang putih, mampu membantu mengurangi lemak jahat dalam tubuh. Selain itu, bawang putih juga memiliki kemampuan menurunkan tekanan darah, serta membakar lemak tubuh.

Teh hijau

Selain baik untuk kesehatan kulit dan rambut, teh hijau mampu membantu mengontrol nafsu makan, menurunkan berat badan, serta menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Almond

Kolesterol baik yang terkandung dalam kacang almond menjadikannya baik dikonsumsi. Selain itu, almond juga dapat membantu mengontrol nafsu makan serta menahan rasa lapar Anda.

Telur

Telur, khususnya bagian putihnya, bisa membantu membakar lemak dengan cepat. Yang menyenangkan, telur mudah didapat, bisa diolah dalam berbagai sajian, serta harganya relatif terjangkau.