Makanan-makanan Padat Nutrisi

Makanan-makanan Padat Nutrisi

BIBLIOTIKA - Untuk dapat beraktivitas dengan baik, tubuh kita membutuhkan energi. Energi didapatkan dari nutrisi makanan yang kita konsumsi. Setiap hari, tubuh kita membutuhkan sejumlah nutrisi, dan tidak setiap makanan mampu memenuhi semua kebutuhan tersebut. Karenanya, kita pun mengenal istilah empat sehat lima sempurna, yang berupa kombinasi makanan dalam upaya memenuhi kebutuhan tubuh terhadap nutrisi.

Sayangnya, karena berbagai penyebab dan alasan, tidak semua orang bisa memenuhi “asupan ideal” sebagaimana yang diilustrasikan dalam empat sehat lima sempurna. Untuk mengatasi hal itu, Anda bisa memilih makanan-makanan yang padat nutrisi, sehingga tetap bisa memasok banyak nutrisi ke dalam tubuh.

Berikut ini adalah makanan-makanan yang mengandung banyak nutrisi, dari zat besi, vitamin, hingga antioksidan.

Brokoli

Brokoli merupakan sumber serat yang dibutuhkan tubuh. Selain itu, brokoli juga mengandung banyak antioksidan yang membantu membersihkan tubuh dari partikel radikal bebas.

Kiwi

Mengonsumsi satu buah kiwi bisa menghasilkan 94 persen kebutuhan vitamin C harian kita. Kiwi juga mengandung banyak antioksidan sebagaimana brokoli, yang membantu membersihkan tubuh.

Jamur

Jamur yang baik (yang tidak beracun) merupakan sumber zat yang disebut conjugated linoleic acid (CLA), yang membantu pencegahan kanker.

Delima

Ketika dikonsumsi, delima membantu tubuh kita memproduksi lebih banyak darah. Karenanya, buah satu ini sangat baik untuk dikonsumsi orang-orang yang menderita anemia atau kurang darah.

Buah beri

Selain mengandung vitamin C dalam dosis tinggi, buah beri juga mengandung jenis asam amino dan sangat kaya protein.

Biji rami

Biji rami mengandung kolesterol baik yang sehat untuk jantung. Selain itu, makanan ini juga termasuk sumber asam lemak omega-3 yang baik untuk tubuh dan otak.

Ubi jalar

Selain kaya magnesium, ubi jalar juga banyak mengandung vitamin B6, vitamin C, dan vitamin D.

Almond

Di antara kacang-kacanan lain, almond termasuk yang terbaik, karena mengandung vitamin E dan kolesterol baik. Almond juga membantu kulit serta rambut lebih bersinar.