Makanan Enak yang Membantu Menurunkan Berat Badan

Makanan Enak yang Membantu Menurunkan Berat Badan

BIBLIOTIKA - Selama ini kita mungkin berpikir bahwa makanan-makanan enak cenderung menambah berat badan. Kenyataannya memang saat ini banyak orang yang mengalami kelebihan berat badan akibat kesukaan menyantap makanan enak. Namun, bukan berarti semua makanan enak akan membuat tubuh Anda terus melar. Jika tepat memilih makanan enak, hasilnya berat badan Anda justru akan turun.

Berikut ini adalah makanan-makanan enak yang bisa dipilih, yang kesemuanya justru membantu menurunkan berat badan. Di antara resep penurunan berat badan yang mungkin pernah Anda dengar, resep berikut ini mungkin terdengar unik.

Koktail udang

Udang adalah makanan sumber protein yang mampu mempercepat metabolisme, dan menjaga Anda tetap kenyang cukup lama. Saat Anda ingin menikmati makan malam di luar, Anda bisa memulainya dengan makanan pembuka berupa koktail udang atau shrimp cocktail.

Jika Anda ingin membuatnya sendiri di rumah, Anda bisa mencampurkan 1 sendok teh saus tomat dengan 1 sendok teh Tabasco. Untuk membuat rasa lebih bervariasi, Anda bisa menambahkan perasan lemon atau sedikit saus pedas.

Salad ayam pedas


Makanan pedas dapat membuat waktu makan menjadi lebih lambat. Hasilnya, Anda pun akan lebih cepat kenyang. Untuk makan siang yang sederhana, Anda bisa menikmati salad ayam.

Siapkan 1 buah dada ayam yang telah dipotong dalam bentuk dadu, 1-2 sendok teh mayones rendah lemak, saus pedas untuk menggugah rasa, dan beberapa sayuran yang menjadi komposisi salad yang ada di dapur. Sajikan dengan beberapa helai daun selada. Untuk minum sehabis makan, Anda bisa menikmati segelas air putih.

Puding labu

Krim puding mengandung kalori kurang dari 150 kalori, dan itu dapat membantu menurunkan berat badan. Anda bisa mengombinasikan 180 ml yoghurt vanilla tanpa lemak dengan setengah cangkir labu segar yang sudah dihaluskan atau diblender, dan sedikit kayu manis.

Labu akan tercampur dengan yoghurt yang kaya protein serta nutrisi, dan akan menghasilkan serat dalam jumlah besar. Percampuran protein dan serat dalam perut akan membuat Anda tetap kenyang, sehingga Anda tidak perlu mencari makanan lain dalam beberapa jam ke depan.

Sup sayuran


Studi menunjukkan, bahwa mengonsumsi semangkuk sup sayuran yang kaya serat dapat mengurangi 20 persen jumlah kalori yang terdapat dalam tubuh. Sup dapat menghilangkan rasa lapar, dan mampu mengenyangkan dengan cepat, sehingga Anda bisa mengonsumsi makanan utama dengan porsi lebih sedikit. Dalam jangka panjang, berat badan Anda pun akan turun.

Salad mentimun, tomat, dan bawang


Dalam hal menurunkan berat badan, Anda juga bisa mencoba resep salad klasik dari Mediterania yang rendah kalori. Caranya, siapkan 1 buah mentimun, 1 buah tomat, dan setengah bawang merah. Campur semua sayuran itu dengan Vinegarette (campuran antara minyak dan cuka dengan mustard dan bawang putih) atau dengan cuka, ditambah dengan 1 sendok teh minyak olive.

Salad ini mengandung jumlah kalori kurang dari 150 kalori, karena tingginya kandungan air dalam bahan-bahan salad tersebut. Mentimun, misalnya, sangat rendah kalori dan menduduki peringkat teratas sebagai makanan yang mampu mengurangi berat badan.

Teh hijau dan jahe


Teh hijau adalah minuman segar yang menyehatkan tubuh. Menikmati secangkir teh hijau setelah lelah bekerja seharian dapat meredakan pikiran yang tegang. Selain itu, teh hijau juga dapat mempercepat metabolisme tubuh, sehingga membantu penurunan berat badan. Anda bisa menikmati teh hijau seperti biasa, atau dengan mencampurkan sepotong jahe untuk menambah rasanya.