Makanan dengan Kandungan Berbagai Manfaat

Makanan dengan Kandungan Berbagai Manfaat

BIBLIOTIKA - Ada makanan baik, ada makanan buruk. Makanan baik adalah makanan-makanan yang mengandung manfaat bagi kesehatan tubuh, sementara makanan buruk adalah makanan-makanan yang tidak memberi efek positif apa pun bagi tubuh, selain mungkin rasa kenyang sementara. Selain hanya berfungsi mengganjal perut yang lapar, makanan buruk sering kali menimbulkan efek negatif berupa masalah kesehatan.

Contoh makanan buruk yang paling mudah adalah junk food. Sementara berikut ini adalah beberapa makanan baik yang memiliki kandungan berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh.

Lemon

Mengonsumsi satu butir lemon dapat memenuhi lebih dari 100 persen kebutuhan tubuh kita terhadap asupan harian vitamin C. Vitamin C mampu membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik), dan memperkuat tulang. Selain itu, kandungan flavonoid dalam lemon dapat membantu menghambat pertumbuhan sel kanker, dan berperan sebagai antiradang.

Brokoli

Jika lemon bisa memenuhi kebutuhan tubuh terhadap asupan vitamin C, maka brokoli mampu memenuhi lebih dari 100 persen kebutuhan tubuh kita terjadap asupan harian vitamin K. Selain itu, brokoli juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Dua vitamin itu penting bagi tulang, dan membantu mencegah berbagai jenis kanker.

Cokelat hitam

Cokelat hitam atau dark chocholate mengandung flavonoid, yaitu antioksidan yang terbukti mampu mengurangi kolesterol LDL yang jahat, dan meningkatkan kolesterol HDL yang baik. Mengonsumsi 25 gram cokelat hitam setiap hari juga dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Kentang

Satu kentang merah mengandung 66 mikrogram folat, jumlah yang sama dalam secangkir bayam atau brokoli. Kentang bisa membantu melawan kanker, dan meningkatkan imunitas vitamin A yang dibutuhkan setiap hari.

Salmon

Ikan salmon telah terkenal sebagai makanan sumber asam lemak omega-3. Asam lemak penting tersebut bisa menurunkan risiko depresi, penyakit jantung, dan kanker. Mengonsumsi 85 gram salmon bisa melindungi tubuh dari penyakit Alzheimer dan kehilangan memori.