Makanan dan Minuman untuk Mengatasi Infeksi Sinus

 Makanan dan Minuman untuk Mengatasi Infeksi Sinus

BIBLIOTIKA - Sinus adalah kantung udara seukuran buah kenari yang berada di dalam tengkorak, tepatnya di dahi, di sekitar mata, dan di sekitar rongga hidung. Fungsi utama sinus adalah mengeluarkan lendir yang menghangatkan dan membasahi bagian dalam hidung, serta sebagai perangkap debu dan kotoran yang berasal dari udara. Dalam keadaan normal, sinus berisi udara. Namun, ketika sinus tersumbat dan berisi cairan kuman (bakteri, virus, atau jamur) dapat berkembang dan menyebabkan infeksi.

Gejala infeksi sinus (sinusitis) adalah napas berbau, sakit kepala, hidung tersumbat, batuk yang memburuk di saat malam, berkurangnya daya pengecap, demam, hidung sering meler dengan ingus berwarna hijau pekat, dan lain-lain. Berikut ini adalah beberapa makanan yang bisa digunakan untuk mengatasi infeksi sinus.

Nanas

Nanas mengandung bromelain, yaitu enzim yang mampu mencerna protein. Enzim tersebut bersifat anti-inflamasi, dan dapat membantu mengurangi lendir serta peradangan sinus.

Bawang putih


Bawang putih adalah antibakteri dan anti-jamur alami yang membantu menangkal infeksi. Bawang putih dapat membantu meningkatkan kemampuan tubuh dalam melawan infeksi sinus.

Cuka sari apel


Jika Anda terkena infeksi sinus, Anda bisa mencampurkan satu sendok makan cuka sari apel dengan secangkir air hangat, kemudian diminum. Cuka sari apel mengandung potasium yang membantu mengurangi produksi lendir.

Yoghurt

Yoghurt mengandung laktobasilus probiotik, bakteri ramah yang dapat membantu tubuh mengurangi kemungkinan berkembangnya alergi yang dapat menyebabkan atau memperburuk infeksi sinus.

Lobak

Lobak juga bisa digunakan untuk mengatasi infeksi sinus, karena mengandung senyawa yang dapat memecah lendir.

Sup ayam

Menikmati sup ayam hangat bisa membantu membersihkan sinus, karena sup ayam bertindak sebagai antibiotik untuk mencegah infeksi.

Vitamin C

Makanan yang kaya vitamin C, misalnya stroberi, jeruk, brokoli, atau tomat, adalah antihistamin alami dengan sifat antioksidan, yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh, serta mengurangi peradangan yang disebabkan oleh sinus.

Air

Penderita infeksi sinus sangat perlu menjaga tubuh tetap terhidrasi, sehingga perlu mengonumsi air dalam jumlah cukup. Menjaga tubuh tetap terhidrasi membantu menjaga lapisan rongga hidung tetap lembap.

Minyak kayu putih

Ini memang bukan makanan, dan kenyataannya memang kayu putih tidak untuk dimakan. Namun, menghirup minyak kayu putih bisa membantu menyingkirkan lendir di saluran pernapasan, dan mengurangi gejala hidung tersumbat. Minyak kayu putih bertindak sebagai ekspektoran dengan sifat antibakteri yang kuat untuk melawan infeksi sinus.