Makanan Berwarna Merah yang Perlu Dikonsumsi

  Makanan Berwarna Merah yang Perlu Dikonsumsi

BIBLIOTIKA - Selama ini, kita mungkin sudah sering mendengar bahwa makanan hijau, khususnya sayuran, sangat baik untuk memelihara kesehatan tubuh. Namun, sebenarnya, makanan berwarna merah juga memiliki kandungan yang sama baiknya, dan memiliki efek yang sama dalam membantu menunjang kesehatan.

Berikut ini adalah beberapa makanan berwarna merah yang bisa dikonsumsi untuk mendapatkan gizi yang dibutuhkan tubuh.

Tomat

Tomat mengandung betakaroten yang memiliki khasiat dalam melawan penyakit kanker. Selain itu, kandungan dalam tomat juga dapat membantu menurunkan berat badan.

Semangka

Vitamin dan mineral yang terkandung di dalam semangka dapat membantu menguatkan sistem kekebalan tubuh, serta menjaga kesehatan kardiovaskular. Karenanya, sering mengonsumsi semangka bisa membantu kesehatan.

Delima

Delima adalah buah yang dapat membantu membentuk pembuluh darah, karena mengandung magnesium, kalium, serta antioksidan. Karena kenyataan itulah, delima dimanfaatkan dalam berbagai produk penunjang kesehatan.

Anggur

Ada anggur hijau, ada pula anggur merah. Anda bisa memilih anggur merah jika ingin mendapatkan asupan antioksidan dan vitamin C yang baik untuk jantung dan mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

Apel

Sebagaimana anggur, ada apel hijau dan apel merah. Apel merah mengandung flavonoid yang melindungi tubuh dari radikal bebas, menguatkan sistem imun, dan ampuh melawan kanker.

Cranberry

Cranberry adalah satu di antara sedikit buah merah yang mengandung vitamin A dan K yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Raspberry

Buah berwarna merah ini tidak hanya baik dalam menunjang kesehatan mata, namun juga dapat membantu menurunkan berat badan.

Stroberi

Keluarga buah beri rata-rata lezat dan bernutrisi, termasuk stroberi. Buah ini bisa menurunkan tekanan darah tinggi, meredakan radang sendi, dan mencegah penyakit usus serta jantung.

Cabai merah

Kandungan dalam cabai merah memiliki manfaat dalam menurunkan kolesterol dan lemak jenuh dalam tubuh. Hasilnya, jantung pun menjadi lebih sehat.

Bit

Selain jeruk yang telah terkenal sebagai sumber vitamin C, buah bit juga mengandung serat dan vitamin C dalam jumlah tinggi.

Ceri

Buah ceri mengandung senyawa khusus yang ampuh dalam mengatasi nyeri pada tubuh. Ceri yang kaya vitamin dan berbagai mineral ini juga baik untuk mengatasi insomnia.