Makanan Berlemak yang Baik untuk Kesehatan

Makanan Berlemak yang Baik untuk Kesehatan

BIBLIOTIKA - Dalam upaya menjalani diet dan menurunkan berat badan, banyak orang menjauhi makanan berlemak, karena lemak dipercaya sebagai salah satu sumber yang menjadikan badan jadi melar dan berat bertambah. Namun, sebenarnya, tubuh kita juga membutuhkan lemak untuk menunjang kesehatan. Karenanya, Anda tidak bisa menjauhi lemak sama sekali. Yang perlu dilakukan adalah memilih lemak yang memang baik untuk tubuh. Berikut ini di antaranya.

Minyak zaitun

Dalam satu sendok minyak zaitun terdapat 10 gram lemak tak jenuh, dan hanya 2 gram lemak jenuh. Karenanya, minyak zaitun tetap perlu dikonsumsi, sebab kandungan lemak baik di dalamnya cukup tinggi, dan dapat membantu menyehatkan jantung.

Selai kacang

Selai kacang mengandung lemak yang baik untuk kesehatan. Selain itu, selai kacang juga mengandung serat, vitamin, dan mineral. Mengonsumsi selai kacang atau kacang tanah bisa membantu menurunkan risiko diabetes tipe 2.

Daging kambing


Daging kambing yang mengandung lemak baik biasanya didapatkan dari bagian kaki dan pinggang kambing. Dalam sajian 85 gram daging kambing terdapat lemak tak jenuh yang setara dengan satu sendok minyak zaitun.

Alpukat

Alpukat mengandung lemak, namun lemak yang baik. Selain lezat, alpukat juga mengandung vitamin E, asam folat, serat, dan karotenoid. Karotenoid dalam alpukat membantu penyerapan nutrisi yang lebih baik dalam tubuh.

Cokelat hitam

Memang mengandung lemak, namun cokelat hitam baik dikonsumsi karena membantu menyehatkan tubuh. Mengonsumsi cokelat hitam dapat menurunkan kadar stres, melancarkan peredaran darah, dan meningkatkan sistem imun.

Kacang kenari


Kacang kenari memang hanya mengandung sedikit lemak tak jenuh, namun bisa dijadikan camilan yang lebih baik daripada camilan lain yang belum tentu sehat. Selain itu, kacang kenari juga mengandung protein, serat, magnesium, dan fosfor.

Kwaci

Kwaci, khususnya yang dibuat dari biji bunga matahari, mengandung 90 persen lemak baik, protein, serat, dan mineral. Karenanya, Anda bisa menjadikannya sebagai camilan yang sehat.

Almond

Selain kenari atau kwaci, kacang almond juga baik untuk dijadikan camilan. Di samping mengandung lemak baik, kacang almond juga kaya nutrisi penting semisal vitamin E, magnesium, mangan, serat, tembaga, fosfor, dan riboflavin.

Wijen

Jika Anda mengenal kue atau jajanan onde-onde, Anda pasti mengenal wijen, yang biasa digunakan untuk menghias bagian luar kue tersebut. Selain untuk onde-onde, wijen juga bisa digunakan sebagai pelengkap masakan. Wijen mengandung lemak baik, serta protein, serat, dan zinc.