Kelebihan dan Keunggulan Bisnis Internet (3)

Kelebihan dan Keunggulan Bisnis Internet

BIBLIOTIKA - Di dalam bisnis internet, kenyataan semacam itu tidak ada. Anda tidak perlu repot menjaga usaha Anda, karena bisnis di internet berjalan secara otomatis. Internet menggerakkan dan menjalankan bisnis Anda kapan saja dan dimana saja, tanpa Anda harus repot-repot melayani setiap pembeli yang datang atau setiap orang yang mampir berkunjung. Sistem di internet bisa dikatakan sebagai pelayan toko yang handal sekaligus pintar. Selain itu, internet adalah pelayan yang tidak banyak ribut, dan dia sama sekali tidak meminta bayaran apapun.

Pendeknya, sekali Anda membuka bisnis di internet, maka yang perlu Anda lakukan hanyalah memantaunya, mengerjakan beberapa hal kecil yang perlu, dan selebihnya biarkan internet yang melakukan sisanya.

Bisa membuka beberapa bisnis sekaligus

Bayangkan Anda memiliki sebuah usaha toko, dan Anda ingin menambah jumlah toko Anda di lokasi lain yang Anda anggap sangat strategis untuk berdagang. Apa yang harus Anda lakukan? Ada banyak hal yang harus Anda lakukan, dari semenjak pencarian lokasi yang dapat dibeli atau disewa, rencana pembangunan toko untuk berdagang atau berjualan, sampai memikirkan upaya operasionalnya. Pendeknya, Anda akan membutuhkan dana atau biaya yang sangat besar, sekaligus juga penanganan yang merepotkan.

Sekali lagi, hal semacam itu tidak terjadi di dalam bisnis online ala internet. Di internet, Anda bebas membuka berapa pun banyaknya toko untuk menjalankan usaha Anda, dan Anda tidak perlu repot mencari lokasinya, tak perlu memikirkan pelayan yang akan mengoperasikannya. Selain itu, biaya yang dibutuhkan untuk membuka beberapa toko online secara sekaligus seperti itu juga tidak terlalu mahal, bahkan jauh lebih murah dibandingkan dengan di bisnis konvensional.

Hanya saja, yang perlu diingat adalah, selama Anda masih belum maksimal mengurusi satu usaha bisnis di internet, maka sebaiknya pusatkan dulu perhatian Anda untuk mengurusi satu bisnis itu terlebih dulu. Nanti, setelah satu bisnis yang Anda kelola sudah dapat berjalan dengan baik dan memiliki tingkat penghasilan yang cukup, maka Anda bisa mulai memikirkan untuk membuka bisnis online yang lainnya.

Tidak memerlukan atribut yang macam-macam

Coba inventarisasi apa saja yang Anda butuhkan ketika ingin menjalankan suatu bisnis konvensional. Anda membutuhkan kartu nama yang bagus, agar dipandang sebagai pengusaha yang profesional. Anda membutuhkan telepon yang selalu dapat dihubungi kapan saja, dan itu artinya Anda setidaknya membutuhkan seorang sekretaris. Di atas segalanya itu, Anda pun tentunya harus berpenampilan bagus, atau setidaknya rapi, ketika Anda menjalankan usaha Anda.

Kenyataan di atas itu mungkin termasuk hal yang cukup remeh. Tetapi, pernahkah Anda membayangkan bahwa Anda bisa menjalankan bisnis Anda hanya dengan memakai kaos oblong dan celana pendek?

Nah, hal yang bisa dibilang aneh sekaligus remeh itu bisa terjadi di bisnis online. Di bisnis internet, Anda dapat mengoperasikan usaha Anda tanpa atribut yang macam-macam, tanpa seragam atau penampilan yang rapi, bahkan Anda dapat menjalankan usaha Anda sambil duduk santai dengan pakaian seadanya, sambil menikmati kopi hangat di teras rumah.

Kemungkinan pasar yang makin luas

Pada hari ini, jumlah pengguna internet semakin banyak dibanding tahun sebelumnya, atau sepuluh tahun yang lalu. Begitu pula, pengguna internet pada satu tahun mendatang juga akan semakin bertambah banyak, apalagi sepuluh tahun yang akan datang.

Baca lanjutannya: Kelebihan dan Keunggulan Bisnis Internet (4)