Kelebihan dan Keunggulan Bisnis Internet (2)

Kelebihan dan Keunggulan Bisnis Internet (2)

BIBLIOTIKA - Yang Anda perlukan untuk membuka bisnis di internet hanyalah nama domain dan web hosting untuk situs web Anda nantinya. Apa yang disebut sebagai nama domain itu tak ubahnya seperti nama toko atau nama warung. Sementara web hosting dan situs web adalah lokasi yang akan Anda tempati untuk berbisnis.

Kemudian, untuk keperluan operasional bisnisnya, Anda hanya membutuhkan koneksi dengan internet. Tidak perlu beberapa pelayan, tidak ada ongkos pemeliharaan gedung dan lain-lain. Bahkan kalau umpama Anda merasa keberatan untuk berlangganan internet pun, Anda bisa memulai bisnis Anda dari warnet.

Tidak memerlukan kantor khusus

Di dalam standar bisnis konvensional, ukuran profesionalitas biasanya ditentukan dari adanya sebuah gedung atau setidaknya ruang kantor khusus yang mengelola bisnis itu. Tentu saja kenyataan semacam itu akan memberatkan pengelola usaha, khususnya bagi pengusaha yang baru akan mulai suatu bisnis.

Orang seperti diharuskan dapat memiliki sebuah kantor yang bagus, atau lebih bagus lagi kalau memiliki gedung perkantoran yang mewah agar dapat dipandang profesional. Akibatnya, banyak orang atau pengusaha yang kemudian terpaksa harus menyewa ruang perkantoran yang mahal demi image bisnisnya.

Kenyataan semacam itu tidak terjadi ketika Anda berbisnis di internet. Anda sama sekali tidak membutuhkan ruang kantor khusus, meskipun ada kalanya Anda harus mencantumkan alamat rumah atau domisili Anda secara jelas. Tetapi, yang jelas, Anda sama sekali tidak membutuhkan ruang kantor untuk mengoperasikan bisnis Anda, karena Anda dapat menjalankan pekerjaan Anda menyangkut bisnis online ini dimana pun, bahkan di atas tempat tidur sekalipun.

Kesan profesional di dalam bisnis internet tidak ditunjukkan oleh ruang kantor yang hebat atau gedung perkantoran yang mewah, tetapi desain web yang bagus, bisnis yang ramah dan membuat nyaman pengunjung, serta pelayanan yang jujur. Hanya itu.

Tidak perlu stres dalam perjalanan

Coba lihat jalan-jalan raya di kota-kota kita, khususnya kalau Anda hidup di kota besar semacam Jakarta atau Surabaya. Bisa dikatakan kalau setiap hari jalanan selalu saja macet, khususnya lagi kalau jam berangkat kerja atau waktu pulang kerja. Semua orang yang berangkat atau pulang kerja biasanya akan berdesak-desakan di jalanan, baik dengan angkutan umum ataupun dengan kendaraan pribadi.

Kenyataan semacam itu semakin hari bukannya semakin berkurang, tetapi justru semakin bertambah. Jalanan akan semakin macet dan semakin padat, dan itu artinya orang akan terus terjebak dalam kemacetan yang semakin membuat stres. Secara mudahnya, setiap kali orang akan berangkat kerja, mereka sudah dihantui ancaman macet di jalanan. Kemudian saat akan pulang kembali ke rumah setelah kerja, sekali lagi mereka harus menerima kenyataan yang menjengkelkan itu, yakni macet lagi di perjalanan.

Hal semacam itu tidak terjadi di dalam bisnis internet. Ketika Anda berbisnis di internet dan menghasilkan uang melalui internet, maka Anda tidak perlu terjebak dalam kemacetan yang membuat stres itu. Anda tidak perlu keluar-keluar kemana pun untuk dapat bekerja. Selama Anda dapat terhubung dengan internet, maka Anda sudah dapat bekerja. Tanpa macet, tanpa stres.

Tidak memerlukan penanganan yang repot

Kalau kita membuka sebuah toko, maka kita harus selalu stand by atau siap di toko untuk melayani pelanggan. Atau, kalau umpama kita menggunakan pelayan, maka kita pun harus mengalokasikan sejumlah dana untuk menggaji pelayan atau beberapa pelayan yang membantu di toko kita. Pendeknya, kita harus repot atau setidaknya harus direpotkan oleh adanya alokasi biaya untuk menggaji pelayan.

Baca lanjutannya: Kelebihan dan Keunggulan Bisnis Internet (3)