Kelebihan dan Keunggulan Bisnis Internet (1)

Kelebihan dan Keunggulan Bisnis Internet

BIBLIOTIKA - Mengapa banyak orang yang menyatakan bahwa bisnis internet (bisnis online) lebih unggul dibanding bisnis konvensional (bisnis offline)? Sebenarnya, baik bisnis online ataupun bisnis offline tetap membutuhkan kerja keras yang sama, tetap membutuhkan perjuangan dan memberikan tantangan yang sama, hanya saja bisnis internet atau bisnis online memiliki beberapa kelebihan dan keunggulan tertentu yang tidak dimiliki oleh bisnis konvensional pada umumnya.

Setidaknya, berikut inilah sepuluh kelebihan dan keunggulan bisnis online yang membuat banyak orang jadi tertarik untuk menggelutinya:

Jam kerja yang tidak terikat

Berbeda dengan bisnis konvensional yang biasanya memiliki jam kerja yang pasti dan lama waktu kerja yang juga pasti, maka bisnis online di internet memiliki tingkat keleluasaan yang sangat bebas dalam hal jam kerja ini. Dengan bisnis internet, maka Anda bisa menentukan sendiri jam kerja Anda, mau siang, malam, pagi atau sore. Semuanya fleksibel, karena internet tetap beroperasi selama 24 jam nonstop, tanpa hari libur, baik siang ataupun malam.

Selain itu, jumlah waktu atau lamanya jam kerja juga dapat disesuaikan sendiri secara fleksibel, sehingga dapat ditentukan atau disesuaikan dengan irama kerja pemiliknya. Kalau misalnya Anda merasa sibuk pada siang hari karena banyaknya tugas yang harus dikerjakan, maka Anda bisa mengurusi bisnis online Anda pada malam hari, atau bahkan dini hari menjelang subuh sekalipun. Berapa jam lamanya Anda akan mengurusi bisnis online Anda, itu sepenuhnya tergantung pada keinginan Anda. Bisa tiga jam, bisa empat jam, bisa pula hanya satu jam.

Hanya saja, semakin lama atau semakin intens Anda mengurusi bisnis Anda, maka tentu saja hasilnya akan lebih baik dibanding kalau Anda mengurusi bisnis online Anda secara asal-asalan atau ogah-ogahan.

Tempat kerja yang fleksibel

Coba bayangkan Anda membuka sebuah toko di suatu tempat, atau Anda mengelola suatu kios di sebuah kawasan mall. Sekali Anda membuka sebuah toko atau kios, maka selamanya Anda harus bekerja di tempat itu, sampai setidaknya waktu kontraknya habis atau sampai Anda memutuskan untuk berpindah tempat bisnis.

Hal semacam itu tidak terjadi ketika Anda mengelola bisnis internet. Di bisnis online ini, Anda bebas mengerjakan pekerjaan Anda dimana pun juga sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda, pokoknya selama Anda dapat terhubung dengan internet. Jadi, dengan bisnis internet ini, maka Anda tetap dapat melakukan pekerjaan Anda, meskipun Anda sedang asyik bercengkerama dengan keluarga, ketika Anda sedang berlibur ke luar kota atau ke luar negeri, ataupun ketika Anda sedang berbaring-baring di atas tempat tidur.

Bisnis online tidak terikat oleh satu ruangan atau ruang kerja yang pasti yang mengharuskan Anda harus berada di satu tempat untuk mengerjakan tugas Anda. Bisnis online memberikan keleluasaan dan kebebasan bagi Anda untuk bekerja di manapun.

Modal dan biaya yang relatif ringan

Coba bayangkan Anda ingin membuka usaha toko kelontong atau ingin membuka warung makan. Berapa besar dana yang Anda butuhkan? Setidaknya, Anda harus menyiapkan modal beberapa juta, beberapa puluh juta, atau bahkan mungkin beberapa ratus juta. Anda memerlukan tempat atau lokasi untuk berjualan, Anda membutuhkan stok barang dagangan, Anda butuh para pelayan, biaya operasional, pajak dan segala macam kebutuhan lain yang memerlukan biaya. Pendeknya, bisnis konvensional membutuhkan modal yang relatif besar.

Hal itu berbalik ketika Anda ingin membuka bisnis di internet. Ketika Anda ingin membuka suatu usaha bisnis di internet, maka Anda tidak akan terlalu membutuhkan biaya yang relatif besar untuk modal ataupun untuk biaya operasionalnya.

Baca lanjutannya: Kelebihan dan Keunggulan Bisnis Internet (2)