Gennady Timchenko, Pengusaha dan Investor Rusia

Gennady Timchenko, Pengusaha dan Investor Rusia

BIBLIOTIKA - Nama lengkapnya Gennady Timchenko Nikolayevich. Dia adalah pengusaha Rusia yang mendirikan Volga Group, perusahaan yang bergerak di bidang investasi, energi, transportasi, dan infrastruktur. Dia lahir pada 9 November 1952 di Leninakan (sekarang Gyumri), Republik Sosialis Soviet Armenia. Ayahnya adalah militer Soviet, dan dia menghabiskan 6 tahun masa kecilnya (1959-1965) di Republik Demokratik Jerman dan belajar bahasa Jerman.

Pada 1976, dia lulus dari Institut Teknik St. Petersburg (sekarang Universitas Leningrad), dengan gelar insinyur di bidang teknik. Pada 1977, dia mulai bekerja sebagai insinyur di Izhorsky, perusahaan pemerintah yang mengkhususkan diri dalam membangun pembangkit listrik. Dia kemudian ditugaskan di departemen perdagangan perusahaan tersebut. Setelah itu, dari 1982-1988, dia bekerja sebagai insinyur senior di Departemen Perdagangan Luar Negeri.

Pada 1988, ketika Uni Soviet mulai meliberalisasi ekonominya, Gennady Timchenko dipromosikan menjadi wakil direktur di Kirishineftekhimexport, perusahaan minyak milik negara yang menjadi salah satu pengelola kilang minyak terbesar. Di perusahaan itu, Gennady Timchenko menyiapkan beberapa rute ekspor produk minyak dari Uni Soviet ke negara-negara barat, dan dia mulai dikenal sebagai tokoh terkemuka dalam industri perdagangan minyak Rusia.

Pada 1991, Gennady Timchenko pindah dari Rusia ke Finlandia, dan bekerja di Urals Finlandia Oy, perusahaan yang mengkhususkan diri dalam mengimpor minyak Rusia ke Eropa. Dia menetap di Finlandia, dan menjadi warga negara Finlandia. Empat tahun kemudian, pada 1995, Gennady Timchenko menjadi wakil CEO di perusahaan tersebut.

Memasuki 1997, Gennady Timchenko mendirikan perusahaan perdagangan komoditas bernama Gunvor, bekerjasama dengan pengusaha Swedia bernama Torbjörn Tornqvist. Bisnis itu berjalan dengan baik, sampai kemudian Gennady Timchenko memutuskan menjual sahamnya di perusahaan tersebut.

Setelah itu, pada 2007, Gennady Timchenko mendirikan perusahaan lain, kali ini sendirian, bernama Volga Group (Volga Resources Group), yang bergerak di bidang dana investasi swasta. Volga Group kemudian memegang aset Rusia dan internasional yang digunakan dalam bisnis energi, transportasi, infrastruktur, jasa keuangan, dan sektor konsumen. Dari usahanya melalui Volga Group itulah, Gennady Timchenko berhasil mengumpulkan kekayaan hingga 10,7 miliar dollar, hingga menjadi salah satu orang terkaya di dunia.

Di samping aktif di dunia bisnis, Gennady Timchenko juga aktif di dunia olahraga. Dia menjadi ketua dewan direksi Kontinental Hockey League, dan presiden SKA, sebuah klub hoki es di Rusia.