Fakta-fakta Mencengangkan Seputar Kekayaan Bill Gates

Bill Gates

BIBLIOTIKA - Majalah Forbes menempatkan Bill Gates di puncak daftar orang paling kaya di dunia, dengan nilai kekayaan mencapai 79,2 miliar dollar. Bill Gates bahkan menempati peringkat itu selama bertahun-tahun. Kekayaan Bill Gates diperoleh melalui kesuksesan Microsoft, perusahaan perangkat lunak miliknya. Yang mungkin jarang diketahui kebanyakan orang, Bill Gates sebenarnya tidak nyaman dengan predikat sebagai orang terkaya di dunia—ia tidak suka perhatian yang muncul akibat predikat tersebut.

Terlepas dari hal itu, berikut ini fakta-fakta mencengangkan seputar kekayaan Bill Gates, yang mungkin membuat kita ternganga.

Setiap tahun, Bill Gates memperoleh pendapatan sebesar 7,8 miliar dollar. Itu artinya pendapatan Bill Gates dalam sehari sekitar 20 juta dollar, atau 250 dollar per detik!

Sejak Microsoft berdiri pada 1975, dengan asumsi Bill Gates bekerja 14 jam tiap hari kerja, maka pendapatannya ialah 300 dollar setiap detik, sedangkan pendapatannya dalam rupiah ialah 1 detik = 2,5 juta; 1 menit = 153 juta; 1 jam = 9,1 milyar; 1 hari = 220 milyar; 1 minggu = 1,54 triliun; 1 bulan = 6,1 triliun; 1 tahun = 74 triliun.

Jika Bill Gates menjatuhkan uang 1.000 dollar, dia bahkan tidak perlu repot-repot mengambilnya kembali, karena waktu 4 detik yang digunakan untuk mengambil uang itu sama dengan jumlah penghasilan yang ia terima.

Amerika Serikat memiliki utang nasional sebesar 5,62 triliun dollar. Jika Bill Gates membayar sendiri utang tersebut, dia akan bisa melunasinya dalam waktu kurang dari 10 tahun.

Kalau mau, Bill Gates bisa menyumbang semua orang di muka bumi, masing-masing sebesar 15 dollar, dan dia masih memiliki sisa 5 juta dollar di dompetnya.

Michael Jordan adalah atlet paling mahal di Amerika, dengan penghasilan 30 juta dollar per tahun. Jika dia membiarkan penghasilannya utuh tanpa digunakan untuk apa pun, dia masih harus menunggu 277 tahun agar bisa sekaya Bill Gates.

Seandainya Bill Gates adalah perusahaan, maka dia akan menjadi perusahaan terbesar nomor 13 di Amerika Serikat, mengalahkan IBM. Seandainya Bill Gates adalah sebuah negara, dia akan menjadi negara terkaya ke-37 sedunia.

Jika seluruh uang Bill Gates ditukarkan dalam bentuk pecahan 1 dollar, kita dapat menyusunnya menjadi jalan dari Bumi ke Bulan, 14 kali bolak-balik. Jika benar-benar dilakukan, proses pembuatan jalan itu akan membutuhkan waktu 1.400 tahun tanpa henti, dan membutuhkan 713 pesawat Boeing 747 untuk mengangkut semua uang tersebut.

Harga tiket pesawat Boeing 747 sekitar 1.200 dollar. Dengan kekayaannya, Bill Gates mampu membeli 261 pesawatnya, bukan tiketnya.

Jika Bill Gates pergi ke rental multiplayer dengan tarif sekitar 5 dollar per jam, maka dengan seluruh uangnya dia dapat bermain hingga 77.625 abad!

Harga pesawat ulang alik NASA sekitar 1,7 milyar dollar. Kalau mau, Bill Gates bisa membeli 23 buah pesawat, dan masih memiliki sisa uang 76 juta dollar.

Film Titanic dianggap sebagai film yang menyedot biaya pembuatan paling besar, karena menelan biaya 200 juta dollar. Kalau mau, Bill Gates mampu membuat film serupa hingga 200 kali.

Jika berinternet membutuhkan biaya sekitar 1 dollar per jam, maka Bill Gates bisa berinternet selama 38.812 abad nonstop!

Kalau semua uang yang dimiliki Bill Gates ditukar dalam bentuk pecahan 5 dollar, semua uang itu dapat menutupi seluruh Manhattan, New York.

Roman Abramovic, raja minyak Rusia yang membeli klub sepak bola Chelsea, memiliki kekayaan sekitar 13,4 miliar dollar. Kekayaan Bill Gates lima kali lebih besar daripada Roman Abramovic. Jika Bill Gates membeli klub sepak bola, dia bisa membeli lima klub sekaligus!

Seandainya Bill Gates masih akan hidup hingga 25 tahun lagi, maka dia harus membelanjakan 6,78 juta dollar per hari untuk menghabiskan semua uangnya sebelum dia meninggal.

Yang tak kalah mencengangkan... jika pemakai Microsoft Windows dapat meminta ganti rugi sebesar 1 dollar saja untuk setiap kali komputernya hang karena Microsoft Windows, Bill Gates akan segera bangkrut dalam waktu 3 tahun!

Sebagai orang paling kaya di dunia, Bill Gates dan keluarganya mendiami rumah mewah yang berada di Medina, Seattle, AS, menghadap Lake Washington, seluas 6.100 meter persegi. Rumah itu dilengkapi kolam renang seluas 18 meter, area gymnasium seluas 230 meter persegi, dan memiliki ruang makan yang luasnya 93 meter persegi. Nilai total propertinya mencapai 125 juta dollar, dan dia harus membayar pajak setiap tahun untuk rumah mewahnya sebesar 991.000 dollar.

Rumah Bill Gates dibangun di atas tanah seluas 5 hektar, dan menelan biaya pembangunan hingga 53 juta dollar. Di rumah tersebut terdapat 7 kamar tidur, 24 kamar mandi dengan 10 di antaranya sangat mewah, 6 dapur, 6 fireplace, bioskop seluas 1.500 kaki dengan 20 tempat duduk dan mesin popcorn, perpustakaan, ruang bermain keluarga, serta fasilitas kesehatan. Sementara kolam renang indoor-nya dilengkapi underwater music system. Rumah super mewah itu juga dilengkapi sistem komputer yang sangat canggih.