Ernesto Bertarelli, Miliuner dari Swiss

 Ernesto Bertarelli, Miliuner dari Swiss

BIBLIOTIKA - Ernesto Bertarelli lahir pada 22 September 1965 di Roma, Italia. Saat ini dia dikenal sebagai pengusaha Swiss, yang memimpin perusahaan farmasi dan mengelola berbagai perusahaan lain yang didirikannya.

Keluarga Ernesto Bertarelli pindah dari Roma ke Swiss, pada 1977. Karenanya, Ernesto Bertarelli pun tumbuh dewasa di Swiss, bersekolah di Babson College, hingga lulus kuliah pada 1993 di Harvard Business School dengan gelar MBA.

Latar belakang kepindahan keluarga Ernesto Bertarelli ke Swiss dikarenakan bisnis sang kakek. Kakek Ernesto Bertarelli mendirikan perusahaan farmasi di Swiss, bernama Serono. Ketika sang kakek meninggal dunia, perusahaan farmasi itu pun diwariskan kepada anaknya, Fabio Bertarelli, yang merupakan ayah Ernesto Bertarelli. Karenanya, untuk dapat mengelola perusahaan dengan baik, Fabio Bertarelli memutuskan pindah ke Swiss.

Pada 1996, Fabio Bertarelli meninggal dunia, dan perusahaan warisan itu diwariskannya lagi pada dua anaknya, yaitu Ernesto Bertarelli dan Dona Bertarelli. Kakak beradik itu pun meneruskan perusahaan Serono, dan mengembangkannya hingga makin besar. Pada 1996, ketika mereka menerima perusahaan warisan tersebut, pendapatan Serono tercatat 809 juta dollar. Sepuluh tahun kemudian, pada 2006, pendapatan Serono mencapai 2,8 miliar dollar.

Perusahaan Serono memperoleh pendapatan besar, bahkan popularitas mendunia, karena menemukan hormon alami yang digunakan dalam pengobatan infertilitas wanita, dan perawatan untuk multiple sclerosis serta hormon pertumbuhan defisiensi. Dari perusahaan itu pula, Ernesto Bertarelli menjadi salah satu orang terkaya di dunia, karena memiliki kekayaan sebesar 8,8 miliar dollar. Dia jauh lebih kaya dari adiknya, karena memiliki perusahaan-perusahaan lain di luar perusahaan warisan yang mereka terima.

Di luar bisnis farmasi, Ernesto Bertarelli mendirikan Waypoint Capital, perusahaan yang bergerak di bidang real estate dan keuangan. Waypoint Capital berkantor pusat di Jenewa, dengan kantor cabang di London, New Jersey, Boston, dan Luksemburg.

Perusahaan-perusahaan yang ada di bawah pengelolaan Waypoint Capital di antaranya adalah Kedge Capital (kelompok manajemen investasi yang mengkhususkan diri dalam hedge fund, ekuitas swasta, dan real estate), Ares Life Sciences (perusahaan investasi di bidang teknologi medis, bioteknologi, farmasi, dan kesehatan), serta Northill Capital (perusahaan investasi real estate).

Pada 1999, Ernesto Bertarelli mendirikan yayasan bernama Bertarelli Foundation, yang ditujukan untuk membantu penelitian dan pengembangan kesehatan pria dan wanita, termasuk dalam pengembangan teknologi reproduksi, andrologi, genetika, dan endokrinologi. Yayasan itu juga mendukung pelatihan, pendidikan, dan pertukaran siswa internasional dan nasional di daerah-daerah. Memasuki 2008, Bertarelli Foundation juga aktif membantu dalam bidang amal untuk kesehatan, ilmu pengetahuan, olahraga, dan kebudayaan.