David Tepper, Investor dan Ahli Keuangan Amerika

David Tepper, Investor dan Ahli Keuangan Amerika

BIBLIOTIKA - Nama lengkapnya David Alan Tepper, dan dia lahir pada 11 September 1957 di Pittsburgh, Pennsylvania, AS. Saat ini dia dikenal sebagai manajer hedge fund Amerika, yang mendirikan perusahaan investasi dan manajemen bernama Appaloosa. Ia anak kedua dari tiga bersaudara. Ayahnya, Harry Tepper, bekerja sebagai akuntan. Sementara ibunya, Roberta, bekerja sebagai guru sekolah dasar.

David Tepper kuliah di University of Pittsburgh. Sambil kuliah, dia bekerja di perpustakaan untuk membantu membiayai kuliahnya. Dia juga mencoba-coba membeli saham di pasar saham, dan beberapa kali mendapatkan keuntungan. Dia lulus dengan gelar Bachelor of Arts di bidang ekonomi.

Lulus dari University of Pittsburgh, dia memulai karirnya dengan memasuki industri keuangan, bekerja untuk Equibank sebagai analis kredit. Pada 1980, karena tidak puas dengan posisi kerjanya, dia lalu mendaftar kuliah di Carnegie Mellon University, jurusan bisnis, hingga lulus dan mendapatkan gelar Master of Science. Setelah itu, dia bekerja di sebuah perusahaan baja di Ohio.

Pada 1984, David Tepper direkrut oleh Keystone, sebuah perusahaan reksa dana di Boston. Dia sempat bekerja di perusahaan itu selama satu tahun, sampai kemudian ditarik oleh perusahaan lain, yaitu Goldman Sachs. Di Goldman Sachs, David Tepper bekerja sebagai analis kredit. Dia bekerja di perusahaan itu hingga 8 tahun. Pada bulan Desember 1992, David Tepper memutuskan untuk mengundurkan diri dari Goldman Sachs, dan mulai mendirikan perusahaan sendiri pada awal 1993, dengan nama Appaloosa.

Appaloosa bisa dibilang sebagai perwujudan keahlian David Tepper dalam bidang keuangan. Melalui perusahaan yang didirikannya tersebut, David Tepper mengeksplorasi pengetahuan dan pengalamannya dengan melakukan beragam investasi saham di berbagai perusahaan dan obligasi yang ia yakin menguntungkan. Dari situlah kemudian, David Tepper mulai mengumpulkan kekayaan. Pada 2014, majalah Forbes memasukkan nama David Tepper sebagai salah satu dari 25 manajer hedge fund paling produktif.

Kini, setelah terkenal sebagai salah satu orang terkaya di dunia, karena memiliki kekayaan sebesar 10,4 miliar dollar, David Tepper juga terkenal sebagai filantropis karena sumbangannya yang besar. Pada 2013, misalnya, dia menyumbang hingga 67 juta dollar untuk Carnegie Mellon University, perguruan tinggi tempatnya dulu berkuliah.

David Tepper menikah dengan seorang wanita bernama Marlene, dan mereka memiliki tiga orang anak, yaitu Brian, Randi, dan Casey.