Carlos Alberto Sicupira, Bankir Berpengaruh dari Brasil

 Carlos Alberto Sicupira, Bankir Berpengaruh dari Brasil

BIBLIOTIKA - Carlos Alberto Sicupira adalah kawan karib Jorge Paulo Lemann dan Marcel Hermann Telles, dua orang yang namanya juga tercantum dalam daftar orang-orang terkaya di dunia. Bisnis Carlos Alberto Sicupira juga banyak terkait dengan aktivitas bisnis dua temannya tersebut, termasuk dalam pendirian Banco Capital yang menjadi bank berpengaruh di Brasil, hingga mendirikan perusahaan 3G Capital yang kemudian mengakuisisi perusahaan Burger King.

Lahir pada 1948, Carlos Alberto Sicupira mendapat pendidikan di Federal University of Rio de Janeiro. Setelah lulus kuliah, dia sempat bekerja di beberapa perusahaan. Pada 1971, dia bergabung dengan Jorge Paulo Lemann dan Marcel Hermann Telles untuk mendirikan perusahaan investasi bernama Banco Garantia. Kerjasama tiga orang itu berhasil mengantarkan Banco Garantia menjadi bank paling terkenal di Brasil pada era 1990-an.

Pada 1998, Banco Garantia dibeli oleh Credit Suisse Boston senilai 675 juta dollar, dan hasil penjualan perusahaan itu dibagi untuk tiga orang pendirinya. Carlos Alberto Sicupira sempat mendirikan perusahaan sendiri menggunakan modal yang ia terima dari bagi hasil penjualan Banco Grantia, sebagaimana yang juga dilakukan dua temannya. Di samping itu, dia juga bergabung dengan Jorge Paulo Lemann yang waktu itu mendirikan perusahaan bir.

Kerja sama antara tiga sahabat—Carlos Alberto Sicupira, Jorge Paulo Lemann, dan Marcel Hermann Telles—kembali terjadi pada 2004, saat mereka mendirikan perusahaan investasi lagi, kali ini bernama 3G Capital.

Seperti sebelumnya, kerja sama mereka menghasilkan kesuksesan. Pada 2010, 3G Capital mengakuisisi Burger King Holdings, Inc., sebesar 4 miliar dollar. Kemudian, pada 2013, 3G Capital juga mengakuisisi perusahaan HJ Heinz, senilai 28 miliar dollar. Keberhasilan itu pun mengantarkan mereka menjadi orang-orang terkaya di dunia, termasuk Carlos Alberto Sicupira, yang memiliki kekayaan senilai 11,3 miliar dollar.

Selain aktif bekerja sama dengan dua rekannya, Carlos Alberto Sicupira juga menjadi CEO di perusahaan Lojas Americanas SA pada 1983-1991, menjadi direktur perusahaan B2W Companhia Digital sejak Maret 2007, menjadi partner di perusahaan GP Fundo de Investimento pada 1993-2004, menjadi direktur Restaurant Brands International Inc. sejak 15 Desember 2014, dan lain-lain. Sejak 1998, dia juga menjadi anggota dewan penasihat di Harvard Business School.