Apa yang Disebut Wireless Network?

 Apa yang Disebut Wireless Network?

BIBLIOTIKA - Secara mudah, Wireless Network adalah network yang tidak difasilitasi oleh kabel. Dengan wireless network, pengguna jadi lebih mudah bila ingin membuat sebuah networking, dan tidak perlu direpotkan oleh kabel-kabel yang berseliweran.

Selain Wireless Network, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

Keyboard

Papan kunci, papan ketik, alat input data pada perangkat PC. Suatu periferal untuk input data di komputer dengan konfigurasi tombol model QWERTY. Selain dari konfigurasi tombol model QWERTY, sebuah keyboard komputer juga dilengkapi dengan standar tombol-tombol lainnya untuk dapat menggunakan semua fitur yang dimiliki oleh sebuah komputer.

KHz

Singkatan dari Kilohertz, yaitu satuan unit frekuensi yang sama dengan 1000 siklus per detik.

Kill

Menghentikan sebuah proses sebelum saat yang semestinya. Menghentikan atau membatalkan sesuatu, atau menghapus sebuah file.

Kilo

Awalan yang menyatakan ukuran seribu (1.000).

Kilobit


Dalam data komunikasi, kilobit digunakan untuk menyatakan ukuran seribu (1.000) bits.

KLOC

Singkatan dari Kilo Lines of Code, yaitu seribu line untuk source code programming, suatu kode yang dipergunakan programmer sewaktu menciptakan sebuah program.

Kludge

Istilah yang digunakan untuk komponen-komponen yang telah terpasang di sistem, tetapi sebenarnya kurang sesuai dengan persyaratan.

Knowledge

Informasi simbolis yang digunakan oleh domain program expert dalam kecerdasan buatan untuk menyelesaikan suatu masalah.

Knowledge Acquisition


Proses memperoleh dan membuat sistemisasi pengetahuan dari program expert pada kecerdasan buatan.

Knowledge Base

Basis data pengetahuan tentang bagian tertentu yang berisi fakta-fakta, data, asumsi, keyakinan, dan prosedur yang diperlukan untuk pemecahan masalah.

Knowledge Information Processor

Nama yang digunakan oleh orang Jepang untuk komputer generasi kelima yang mereka rancang.

Knowledge Modeling

Prosedur untuk mengorganisir data yang diperoleh dari domain experts.

Knowledge System

Sejumlah besar pengetahuan dalam bentuk aturan atau hukum dan fakta-fakta beserta mekanisme pengambilan kesimpulan yang bisa digunakan untuk memecahkan masalah.

Kompresi

Suatu teknik pemampatan data sehingga diperoleh file dengan ukuran yang lebih kecil daripada ukuran aslinya. Kompresi bekerja dengan mencari pola-pola perulangan pada data, dan menggantinya dengan sebuah penanda tertentu. Ada dua jenis metode kompresi, yaitu non-lossy dan lossy.

Kompresi yang bersifat non-lossy tidak menghilangkan informasi-informasi dalam file asli sehingga cocok diterapkan untuk file dokumen. Sebaliknya, metode lossy menghilangkan informasi yang dianggap tidak penting. Biasanya teknik ini diterapkan pada file multimedia berukuran besar, misalnya pada format file JPEG (image), MPEG (video), dan MP3 (audio).

Konduktor

Suatu bahan yang bersifat menghantarkan arus listrik.

Konektor 


Suatu periferal yang digunakan untuk menghubungkan satu node ke node lain melalui kabel.

Konektor RCA


Suatu plug atau juga jack yang didesain untuk digunakan dengan melalui kabel coaxial, pada transfer frekuensi dari yang paling rendah hingga beberapa megahertz.

KsCD

Aplikasi untuk memainkan CD Audio pada platform UNIX. KsCD merupakan salah satu bagian paket dari KDE yang dikembangkan oleh Bernd Johannes Wuebben dan Dirk Fosterling.

KWIC

Singkatan dari key-word-in-context, yaitu cara membuat indeks informasi dengan menggunakan kata atau frasa tertentu, dan memperhatikan konteks di mana kata atau frasa itu digunakan.

L1 Cache

Sejumlah kecil RAM memori yang digunakan sebagai cache yang terintegrasi atau satu paket di dalam modul yang sama pada prosesor. L1 cache dikunci pada kecepatan yang sama pada prosesor, dan berguna untuk menyimpan intruksi dan data secara sementara, dan memastikan bahwa prosesor memiliki suplai data yang stabil untuk diproses, sementara memori mengambil dan menyimpan data baru.

L2 Cache

Pada umumnya, L2 Cache terdiri dari chip SRAM yang terletak di dekat prosesor. L2 Cache dikenal pula dengan sebutan secondary cache, yaitu memori yang memiliki urutan kecepatan kedua (tipe memori yang paling cepat adalah L1 Cache) yang disediakan untuk mikroprosesor.