Apa yang Disebut Widget?

 Apa yang Disebut Widget?

BIBLIOTIKA - Widget adalah aplikasi kecil yang bersifat third party (pihak ketiga) yang dapat ditempatkan pada aplikasi tertentu ataupun ditambahkan pada halaman web, dengan tujuan untuk memperindah dan menambahkan fitur atau fungsi tertentu. Penggunaannya pun mudah, umumnya hanya meng-copy paste kode script yang ditampilkan oleh website penyedianya. Widget dapat beragam bentuknya, antara lain dapat berupa suara, game, animasi, dan lain sebagainya.

Selain Widget, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

Java

Sebuah bahasa pemrograman komputer yang berbasiskan kepada Object Oriented Programming. Java diciptakan setelah C++ dan didesain sedemikian rupa sehingga ukurannya menjadi kecil, sederhana, dan portable (mudah dipindah-pindahkan di antara bermacam platform dan sistem operasi).

Program yang dihasilkan dengan bahasa Java dapat berupa applet (aplikasi kecil yang berjalan di atas web browser) ataupun berupa aplikasi mandiri yang dijalankan dengan program Java Interpreter. Program ini cocok untuk networking, dan sering digunakan pula untuk membuat sistem yang besar dan kompleks, yang melibatkan sejumlah komputer saling berinteraksi dalam sebuah jaringan. Java juga banyak digunakan untuk membuat program-program bagi piranti kecil, misalnya handphone.

Java Applet


Sebuah program Java yang di-download dari server dan dijalankan melalui program browser. Java Virtual Machine di-bundle di dalam browser dan memberikan instruksinya.

JavaScript

Nama implementasi Netscape Communications Corporation untuk ECMA-Script standar, suatu bahasa skrip yang didasarkan pada konsep pemrograman berbasis prototipe. Bahasa ini terutama terkenal karena penggunaannya di situs web (sebagai JavaScript sisi klien) dan juga digunakan untuk menyediakan akses skrip untuk objek yang dibenamkan (embedded) pada aplikasi lain.

Meskipun memiliki nama serupa, JavaScript hanya sedikit berhubungan dengan bahasa pemrograman Java, dengan kesamaan utamanya adalah penggunaan sintaks C. JavaScript memiliki lebih banyak kesamaan dengan bahasa pemrograman Self.

JCL

Singkatan dari Job Control Language, yaitu bahasa yang digunakan untuk memberikan intruksi pengendali komputer, untuk sistem operasi komputer mainframe IBM.

JDK

Singkatan dari Java Development Kit, yaitu paket pengembangan software dari Sun Microsystems yang mencakup rangkaian tool utama yang diperlukan untuk menulis, menguji, dan men-debug program-program aplikasi Java dan Applet.

JEDEC

Singkatan dari Joint Electronic Device Engineering Council, yaitu sebuah badan internasional yang menentukan standar IC atau integrated circuit.

JES

Singkatan dari Job Entry System, yaitu bagian dari sistem operasi yang menerima dan menjadwal pelaksanaan pekerjaan (job).

Jet

Nama lain untuk nozzle (lubang semprot) yang ada pada print head.

JIB

Singkatan dari Job Information Block, dalam CMS/DOS berarti blok informasi tentang pekerjaan.

Jitter

Ketidakstabilan sesaat yang terjadi pada sinyal, khususnya sinyal pada layar video. Bisa pula diartikan sebagai kesalahan baca akibat pencatatan waktu elektronik pada CD player atau CD-ROM drive.

Job

Kumpulan sejumlah tugas yang membentuk sebuah satuan kerja yang harus dilaksanakan oleh komputer, misalnya pelaksanaan sebuah program.

Job Abort

Pembatalan pelaksanaan sebuah job karena gangguan pada hardware, software, atau data.

Job Number

Nomor identifikasi atas sebuah job.

Job-to-Job Transition

Proses menemukan lokasi program dan file-file yang berhubungan dengannya, serta menyiapkan komputer untuk melaksanakan job tertentu.

Josephson Junction

Teknologi sirkuit mikro elektronik super cepat yang menggunakan material super konduktor. Nama tersebut diambil dari nama penemu teori aslinya.

Journal

Catatan kronologis atas operasi-operasi yang dilakukan oleh sistem komputer.

JOVIAL

Singkatan dari Jules’ Own Version of the International Algorithmetic Language, yaitu bahasa pemrograman yang digunakan di tahun 60-an dan 70-an.

Joystick

Sebuah tuas atau tongkat yang bisa digerakkan ke segala arah, dan digunakan untuk mengendalikan gerakan kursor di layar monitor. Mirip dengan mouse, tetapi biasanya hanya digunakan dalam permainan video game.