Apa yang Disebut Onboard?

Apa yang Disebut Onboard?

BIBLIOTIKA - Onboard adalah istilah untuk periferal yang menempel pada motherboard, atau suatu perangkat yang terintegrasi dengan motherboard. Bisa pula fitur yang sistemnya terintegrasi pada sebuah motherboard. Contoh fitur onboard misalnya adalah soundcard, modem, dan VGA card.

Selain Onboard, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

NICs

Singkatan dari Network Interface Cards, yaitu alat yang terpasang pada setiap komputer yang ingin terhubung ke network. Alat inilah yang membuat komputer tersebut bisa berhubungan dengan sesamanya. Komputer-komputer keluaran baru biasanya sudah dilengkapi dengan network card ini.

Label

Penanda atau nama yang digunakan dalam sebuah program komputer untuk mencirikan atau menerangkan sebuah intruksi, pernyataan, pesan, record, file, dan lain-lain.

Label Definition

Dalam CMS Pipelines merupakan kemunculan pertama sebuah label dalam pipeline. Label ini memungkinkan untuk menghubungkan pipeline yang lain dengan stage yang diberi label tersebut.

Lag

Perbedaan relatif antara dua peristiwa, mekanisme, atau keadaan. Lag juga bisa diartikan sebagai keterlambatan (biasanya ditentukan dalam milidetik) antara waktu sebuah pesan dikirim dari suatu komputer, dan waktu pesan tersebut tiba di tempat tujuan (di komputer yang lain).

LAN

Singkatan dari Local Area Network, yaitu sekumpulan komputer yang terkoneksi atau terhubung dalam area yang relatif kecil, seperti misalnya homework. LAN adalah sebuah jaringan yang dibangun pada sebuah lokasi seperti di rumah ataupun di gedung perkantoran. Bisa diartikan juga sebagai sebuah sistem komunikasi komputer yang jaraknya dibatasi tidak lebih dari beberapa kilometer dan menggunakan koneksi high-speed.

LAN Card

Sebuah periferal komputer yang digunakan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain, sebuah kartu tambahan yang menghubungkan komputer-komputer ke dalam jaringan dengan menggunakan kabel UTP, STP, baseband coaxial, broadband coaxial, ataupun optical fiber.

Land

Tempat di dalam sistem yang tersedia untuk papan sirkuit terpadu (ICB).

Land Attack


Serangan kepada sistem dengan menggunakan program bernama ‘land’. Apabila serangan diarahkan kepada sistem Windows, maka sistem yang tidak diproteksi akan menjadi hang. Demikian pula apabila serangan diarahkan ke sistem UNIX versi lama, maka sistem akan hang.

Jika serangan diarahkan ke sistem Windows NT, maka sistem akan sibuk dengan penggunaan CPU mencapai 100% untuk beberapa saat sehingga sistem terlihat seperti macet. Program land menyerang server yang dituju dengan mengirimkan packet palsu yang seolah-olah berasal dari server yang dituju. Dengan kata lain, source dan destination dari packet dibuat seakan-akan berasal dari server yang dituju. Akibatnya, server yang diserang menjadi bingung.

Landscape

Orientasi halaman dokumen yang memanjang secara horisontal.

Lasso Tool

Tool pada Photoshop untuk menggambar kurva atau membuat seleksi dengan sisi-sisi yang lurus dan sudut yang patah.

Latency Time

Waktu yang diperlukan oleh sebuah sektor dalam harddisk untuk berada di dalam jangkauan head. Waktu yang dibutuhkan data untuk melalui koneksi tertentu.

Law & Order

Game ber-genre adventure yang menggabungkan unsur penyelidikan dan unsur hukum.

Layer

Lapisan (konsep) dalam networking. Berbagai model komunikasi seperti OSI dan TCP/IP terdiri atas beberapa layer yang menyusun protokol tersebut. Layer juga bisa diartikan sebagai lapisan area kerja yang biasanya terdapat pada aplikasi gambar digital. Dengan layer, pengguna bisa mengedit gambar secara bertumpuk tanpa mengganggu gambar pada layer lain.

Layer Style

Efek khusus yang bisa diaplikasikan ke seluruh layer. Layer Style termasuk juga efek pencahayaan, tekstur, dan overplay.

LBA

Singkatan dari Logical Block Address, yaitu salah satu cara pengalamatan (addressing) sector pada harddisk yang menggunakan metode berupa penomoran, dimulai dari 0 sebagai alamat sector pertama pada harddisk.