Apa Perbedaan Frame dan Frame Rate?

Apa Perbedaan Frame dan Frame Rate?

BIBLIOTIKA - Frame adalah jendela yang tampak pada layar monitor sebuah PC, ketika membuka suatu aplikasi tertentu. Frame juga bisa diartikan sebagai pertukaran Protocol Data Unit (PDU) antar peer, baik di lapis hubungan data ataupun di sublapis MAC.

Sedangkan Frame Rate adalah rata-rata jumlah gambar (frame) yang ditampilkan dalam satuan per detik. Jumlah bingkai gambar atau frame yang ditunjukkan setiap detik dalam membuat gambar bergerak, yang diwujudkan dalam satuan fps (frames per second). Semakin tinggi angka fps-nya, maka semakin mulus gambar bergeraknya. Game dan film biasanya memiliki fps yang tinggi.

Selain Frame dan Frame Rate, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

Frame l

Salah satu bentuk field kendali dalam protocol HDLC. Frame data tersebut berisi informasi mengenai jumlah frame yang dikirim, jumlah frame yang diterima dan sifat frame dalam suatu urutan.

Frame Rectangle

Bentuk lay out yang mengikuti bentuk tulisan.

Frame Relay

Routing pada jaringan yang ditentukan pada lapis hubungan data, bukan pada lapis jaringan. Di samping itu Frame Relay memberi dukungan pada berbagai macam kecepatan transmisi.

Frame Status Field

Field dalam frame MAC yang dikombinasikan dengan beberapa jenis media kendali akses data. Field ini berisi informasi-informasi status, misalnya alamat yang dikenali, atau penemuan kesalahan.

Frame U

Frame data yang berisi perintah dan tanggapan, format ini digunakan untuk mengelola hubungan data, mengaktifkan stasiun sekunder, dan melaporkan kesalahan.

CGI (Common Gateway Interface)

Satu set peraturan yang menerangkan bagaimana sebuah web server berkomunikasi dengan bagian-bagian lain dari mesin yang sama, atau sebaliknya. Setiap bagian dari sebuah software bisa jadi merupakan sebuah program CGI, jika tugasnya adalah mengatur input dan output berdasarkan standard CGI.

CGI Script

Singkatan dari Common Gateway Interface script, yaitu sebuah program kecil yang ditulis dalam bahasa Perl, Tcl, C atau C++, yang memiliki fungsi seperti lem yang merekatkan halaman HTML dengan program-program lain yang terdapat dalam web server.

Misalnya, sebuah CGI script akan memungkinkan sebuah proses pencarian data di halaman web, dan kemudian mengirimkannya ke DBMS atau database management system. CGI script juga biasanya digunakan untuk menangani form, database pencarian pertanyaan dalam web pages, dan untuk menghasilkan webpage content yang dinamis.

Cgi-bin

Nama yang umum digunakan untuk direktori di dalam server web, dimana program CGI disimpan.

Chace

Sebutan untuk kartu grafik seperti VGA card.

Chain Letter

Surat berantai, yaitu surat yang dikirimkan kepada seseorang untuk dikirim lagi ke penerima yang lain. Surat berantai sebagian besar berisi berita-berita yang tidak dapat dipertanggungjawabkan isinya.

Chainning

Proses kerja komputer yang bersambung dalam serangkaian segmen. Apabila sebuah program terlalu besar untuk masuk ke dalam memori, maka program harus ditulis dalam beberapa segmen. Komputer akan bekerja dalam satu segmen setiap satu waktu sampai selesai, dan hasilnya akan dibawa ke segmen berikutnya. Demikian seterusnya sampai program selesai diolah.

Chameleon

Software yang memuat program aplikasi, yang dibutuhkan untuk akses ke internet.

Change Case

Dalam Microsoft Word merupakan perintah untuk mengganti bentuk huruf tulisan (dalam naskah) yang diblok.

Channel

Saluran untuk mengirimkan sinyal elektromagnetik yang mampu menghubungkan CPU dengan peralatan lainnya. Di dunia komunikasi, channel merujuk kepada media yang digunakan untuk membawa informasi dari si pengirim (transmitter) kepada penerima (receiver).

Channel juga menjadi istilah di IRC (Internet Relay Chat), dimana sebuah group yang terdiri dari beberapa orang dapat mengobrol bersama. Pada program browser generasi keempat, channel adalah saluran informasi pada browser yang telah kita pilih atau tentukan sebelumnya.