Apa Perbedaan Chip dan Chipset?

  Apa Perbedaan Chip dan Chipset?

BIBLIOTIKA - Chip adalah bit kecil dari silikon yang merupakan inti dari sebuah IC (Integrated Circuit), atau sebutan untuk IC itu sendiri. Setiap komputer memiliki paling tidak satu chip di dalamnya. Chipset pada motherboard mengontrol pemasukan dan keluaran (input dan output) yang mendasar dari komputer. Chipset pada video card mengontrol renderring dari grafik 3D dan output dari gambar pada monitor komputer. CPU merupakan salah satu contoh chip yang sangat penting.

Sedangkan Chipset adalah sekumpulan chip yang didesain untuk bekerja dalam satu unit tampilan atau satu unit fungsi, atau sirkuit terintegrasi yang didesain untuk bekerja menjalankan fungsi-fungsi yang spesifik. Misalnya, sebuah chipset modem memuat seluruh sirkuit utama untuk transmisi pengiriman dan penerima. Chipset merupakan komponen utama dalam motherboard.

Pada motherboard, chipset bertugas mengatur transmisi data dari prosesor ke memori, prosesor ke slot PCI, dan lain-lain. Chipset juga menentukan kecepatan dari front-side bus, bus memory, dan bus grafis, serta kapasitas dan tipe memori yang didukung oleh motherboard. Selain itu, chipset juga mengarahkan aliran data melalui bus PCI, drive IDE dan port I/O, serta menentukan standar IDE, dan juga tipe port yang didukung oleh sistem.

Selain Chip dan Chipset, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

Cartridge

Sebuah kemasan yang dapat dipindahkan, yang memuat sejumlah magnetic disk atau optical disk yang dapat disisipkan ke dalam slot PC, printer, atau komponen hardware lainnya.

CAS

Singkatan dari Column Address Select/Strobe, yaitu sebuah pin pengontrol yang ada pada sebuah chip DRAM yang digunakan untuk memilih dan mengaktifkan alamat-alamat kolom pada memori. Sebuah kolom yang dipilih DRAM akan ditentukan oleh data yang berada pada pin-pin alamat ketika CAS menjadi aktif.

Cascade

Metode menampilkan jendela (window) dalam lingkungan Windows. Jendela-jendela yang dibuka akan ditampilkan secara bertumpuk. Setiap sisi atas jendela (di bagian heading) tetap terlihat sehingga pemakai dapat mengaktifkan jendela yang berada di tumpukan bawah dengan meng-klik heading-nya.

CASE

Singkatan dari Computer Aided Software Engineering, yaitu software yang mampu menyelesaikan proses analisis, pemrograman, dan pengembangan sistem, secara otomatis.

Case Statement

Dalam pembuatan program, case merupakan metode pencabangan dengan banyak pilihan (option). Sering digunakan karena penulisannya lebih ringkas dan proses pembandingannya lebih cepat.

Casing 

Kotak tempat mesin komputer (motherboard dan pendukungnya, power supply, disk drive, harddisk, CD ROM drive). Wadah atau tempat melindungi motherboard, control board, power supply, disk drive, dan komponen-kompenen lainnya.

Sebuah casing bisa berupa AT atau ATX, dimana perbedaannya terletak pada posisi motherboard di dalamnya, demikian pula power supply yang datang bersama casing tersebut. Sedang tipe casing antara lain adalah desktop, tower, midle tower, dan mini tower.

Casing Desktop

Casing yang berbentuk seperti kotak yang memiliki ukuran lebar kira-kira 30 sampai 40 cm, dan panjangnya kira-kira 50 sampai 60 cm. Umumnya, casing desktop dijadikan tumpuan monitor. Casing desktop kosong yang dipasarkan pada umumnya sudah dilengkapi dengan power supply unit (PSU), speaker, lampu untuk harddisk, lampu power, lampu turbo, dan kabel-kabel lampu.

Casing Tower

Pada saat ini, kebanyakan komputer menggunakan casing tower, karena dianggap lebih ringkas. Selain memakan sedikit tempat sebagai pijakan, ruangan di dalam casing komputer juga lebih luas, sehingga suhu dalam casing komputer tidak cepat panas, juga lebih mudah dalam menambah komponen lainnya.

CAS latency

Merupakan delay atau waktu tunda dari kecepatan sebuah memori pada waktu mentransfer data ke CPU. Jadi, semakin kecil nilai latency yang digunakan, maka itu menandakan memori akan berkecepatan lebih tinggi, yang responnya lebih cepat dan memiliki transfer rate yang lebih besar. Pada umumnya, memori dengan latency 2 memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan yang latency 3.