Apa Pengertian dan Arti Singkatan BIOS?

Apa Pengertian dan Arti Singkatan BIOS?

BIBLIOTIKA - BIOS adalah singkatan Basic Input/Output System, yaitu software yang dipasang pada chip komputer untuk mengatur operasi dasar seperti layar, harddisk, memory, VGA, dan lain-lain. Bagian dari sistem operasi yang bisa mengidentifikasi set program yang digunakan untuk mem-boot komputer, sebelum menempatkan disket sistem.

BIOS terdapat di ROM (Read Only Memory) dari sistem, dan umumnya tersimpan secara permanen. BIOS adalah program yang digunakan mikroprosesor untuk menyalakan komputer, dan BIOS juga mengatur aliran data antara sistem operasi komputer dan perangkat tambahan yang terhubung pada komputer.

Selain BIOS, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

Bipolar

Mengacu pada transistor biasa atau IC yang bertentangan dengan komponen MOS dan CMOS.

Bipolar Memory


Memori komputer yang memakai IC bipolar sebagai bagian dari memorinya.

BISDN

Singkatan dari Broadband Integrated Services Digital Network, yaitu layanan pita lebar. Sebagai layanan pita lebar, BISDN dapat melayani informasi dengan bit rate konstan maupun bit rate yang selalu berfluktuasi (variabel), layanan yang bersifat real-time maupun yang bersifat non real-time serta dapat melayani mode connection oriented ataupun connectionless services.

BISDN mengintegrasikan layanan narrowband, seperti telepon, data terminal, telemetri, faksimili, dan teletex, dengan layanan broadband seperti video telephone, video conference, high speed data transmission, cable television, dan lain-lain.

BISYNC


Singkatan dari Binary Synchronous Comunication, yaitu protokol komunikasi serial half duplex yang digunakan untuk mentransfer data berkecepatan tinggi antar komputer-komputer besar. Metode yang dipakai adalah menggunakan karakter khusus untuk memisahkan field dalam satu frame data. Protokol ini sangat efisien, fleksibel, dan mudah dipelajari.

Bit

Singkatan dari binary digit. Satuan ukuran terkecil dari data komputer yang diwakili oleh sistem penomoran dua angka, dan terdiri dari 0 dan 1. Satu bit cukup untuk menyatakan perbedaan antara ya dan tidak, atas dan bawah, on dan off, satu dan nol. Komputer harus menampilkan informasi dalam bit karena sirkuit elektronik yang dibuat hanya memiliki dua keadaan, on atau off.

Bit Density

Besarnya bit yang dapat disimpan di antara physical area yang diberikan. Jumlah bit yang dapat diletakkan per satuan luas atau volume pada alat penampung data.

Bit Depth

Jumlah bit yang digunakan untuk mempresentasikan tiap titik dalam representasi citra grafis. Makin besar jumlah bit yang digunakan untuk mempresentasikan suatu titik, semakin banyak pula warna atau bayangan abu-abu yang bisa dibuat.

Bit Diddling

Upaya meningkatkan efisiensi penyimpanan dengan cara memaketkan informasi tambahan ke dalam bagian data komputer yang tidak dipakai. Karena cara ini lebih banyak menimbulkan masalah daripada menguntungkan, maka hal ini pun disebut bit diddling.

Bitmap

Sebuah image grafis yang disusun dari piksel-piksel, dan dikonversikan ke dalam bits. Biasa digunakan dalam Microsoft Windows.

BITNET

Jaringan komputer dengan kecepatan dan biaya rendah, yang dibuat untuk melayani kebutuhan jaringan di luar batas jaringan ARPANET. BITNET menggunakan protokol store and forward untuk menyediakan layanan e-mail interaktif dan file transfer.

Bit Slice

Sebuah IC yang mengandung kontrol dasar dan sirkuit aritmatika dari sebuah mikroprosesor, tetapi mampu berfungsi hanya dengan sejumlah kecil bit (biasanya 4 bit) dalam sekali waktu. Dengan merangkaikan secara pararel beberapa potongan ini dan mengontrolnya dengan baik, dapat dibuat sebuah prosesor berkecepatan tinggi.

Bit Stuffing

Menyisipkan bit tambahan ke dalam suatu aliran data untuk menghalangi munculnya kontrol yang tidak diinginkan.

BitTorent

Nama protokol dari aplikasi distribusi file peer-to-peer (P2P) yang dibuat oleh Bram Cohn, dan ditulis dengan menggunakan bahasa pemrograman Python, serta dirilis di bawah BitTorent Open Source License (sebuah versi modifikasi dari Jabber Open Source License).

Dengan BitTorent, sebuah file dipecah menjadi beberapa fragmen yang lebih kecil, dan didistribusikan melalui beberapa peer. File tersebut kemudian disusun ulang di komputer penerimanya. Proses ini akan mempercepat download file-file besar, seperti musik atau video.