Apa Kepanjangan dan Definisi NIC?

Apa Kepanjangan dan Definisi NIC?

BIBLIOTIKA - NIC adalah singkatan dari Network Interface Card, atau kartu jaringan. NIC adalah sebuah kartu yang memiliki fungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer. Jenis NIC yang beredar terbagi menjadi dua, yaitu NIC yang bersifat fisik, dan NIC yang bersifat logis. Contoh NIC yang bersifat fisik adalah NIC Ethernet, Token Ring, dan lainnya, sementara NIC yang bersifat logis adalah loopback adapter dan Dial-Up Adapter.

Selain NIC, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

JPG Format

Suatu format file gambar yang paling efisien untuk saat ini. JPG menggunakan teknik kompresi tertentu untuk mengurangi pemakaian space atau ruang penyimpanan.

JSP


Singkatan dari Java Script Page, yaitu teknologi untuk mengontrol isi atau tampilan halaman web melalui penggunaan servlet, suatu program kecil yang dijalankan di server web.

JTAG

Singkatan dari Joint Test Action Group, yaitu sebuah standar IEEE untuk teknologi scan boundary.

Jukebox


Piranti robotik yang digunakan untuk menyimpan dan mengambil piringan dalam jumlah banyak, bisa pula diminta untuk menyervis satu atau dua piringan.

Jump


Penyimpangan dari urutan normal pelaksanaan instruksi oleh komputer.

Jumper

Bentuk yang paling simpel atau paling sederhana dari switch on/off. Pada umumnya, jumper memiliki ukuran yang sangat kecil dan terbuat dari logam yang dibungkus plastik. Pada beberapa bagian PC, jumper memiliki fungsi yang sangat vital, yaitu menghubungkan dua buah sirkuit. Jumper biasanya dipakai pada CDROM, harddisk, ataupun motherboard, untuk menentukan setting sesuatu, seperti besarnya frekuensi, clear BIOS, modem, dan lain-lain.

Junction

Data yang tak berarti (sampah) yang diterima dari saluran komunikasi.

Junk E-Mail

Biasa disingkat menjadi junkmail, yaitu e-mail yang tidak diinginkan oleh penerima, atau e-mail yang tidak berguna dan ingin dibuang.

Juno

Sebutan bagi Juno Online Service (www.juno.com). Sebuah e-mail service yang didukung oleh sebuah media iklan yang menyediakan alamat e-mail. Juno berawal dari sebuah service berbasis non-web, dan e-mail hanya bisa diakses melalui koneksi dial-up ke komputer Juno.

Justification

Tindakan menyesuaikan, menyusun atau menggeser angka satuan ke kiri atau kanan, agar pas dengan pola yang ditentukan. Perataan teks di kedua sisinya, baik kiri maupun kanan.

Justified

Pengaturan halaman teks yang rata kiri dan kanan. Format ini biasa digunakan untuk memberi tampilan yang lebih resmi.

Justify

Meluruskan atau meratakan karakter-karakter dalam sebuah field, baik rata kiri maupun rata kanan.

K

Singkatan dari kilo atau 1.000 dalam notasi desimal.

Kaleida

Sebuah joint venture antara Apple dan IBM yang membangun software ScriptX multimedia.

Kerberos

Sistem keamanan berbasis enkripsi buatan MIT untuk menghalangi penyelewengan dalam pengawasan password dan login. Sistem ini menyediakan layanan untuk menentukan client yang diperbolehkan mengakses server tertentu, serta layanan pembuktian keaslian antara password dan login milik client dan server.

Kermit


Suatu file transfer yang canggih, mudah digunakan, dan terminal program emulation yang dikembangkan oleh Columbia University.

Kernel

Inti dari sebuah sistem operasi, serangkaian program dalam sebuah sistem operasi yang berfungsi melaksanakan fungsi-fungsi paling dasar sistem tersebut.

Kernel Linux 

Inti dari Linux, merupakan kode-kode khusus yang dibuat untuk Linux, dengan tugas manajemen proses, memory, driver hardware, driver file system, dan manajemen jaringan.

Kerning

Pair informasi tentang pengaturan spasi untuk font yang proporsional dan pasangan karakter yang biasanya memiliki spasi rapat.

Key

Field yang mencirikan sebuah record, atau field yang menentukan posisi sebuah record dalam suatu urutan. Key juga merupakan tuas atau tombol sebuah mesin atau peralatan yang dioperasikan secara manual, misalnya tombol keyboard. Key bisa pula diartikan memasukkan data ke komputer dengan bantuan keyboard.