Andrey Melnichenko, Muda, Sukses, dan Kaya Raya

  Andrey Melnichenko, Muda dan Kaya Raya

BIBLIOTIKA - Nama lengkapnya Andrey Igorevich Melnichenko, dan dikenal sebagai pengusaha Rusia. Dia lahir pada 8 Maret 1972 di Homyel, Belarus, dan mendapatkan pendidikan di Plekhanov Russian University of Economics. Kehidupan pribadi Andrey Melnichenko bisa dibilang sulit dilacak, selain karir dan kekayaannya. Pada saat ini dia memang masuk dalam jajaran orang-orang terkaya di dunia, karena memiliki kekayan sebesar 9,1 miliar dollar.

Sejarah karirnya yang bisa dilacak dimulai pada 1993, ketika dia menjadi mitra pendiri MDM Bank. Pada waktu itu Andrey Melnichenko berusia 21 tahun. Sepuluh tahun setelah didirikan, MDM Bank telah menjadi salah satu bank swasta terbesar di Rusia.

Andrey Melnichenko menduduki jabatan sebagai ketua dewan pengelolaan bank tersebut dari 1993 sampai 1997. Pada akhir 1997, dia membeli seluruh saham MDM Bank, sehingga bank itu pun menjadi miliknya sepenuhnya. Dari tahun 2001-2005, Andrey Melnichenko duduk di dewan direksi MDM Bank.

Antara tahun 2000 dan 2001, Andrey Melnichenko mendirikan dan mengelola MDM Group, perusahaan yang ia gunakan untuk berinvestasi pada perusahaan-perusahaan lain. Melalui MDM Group, dia mendirikan Siberia Coal Energy Company (SUEK) dan EUROCHEM, keduanya perusahaan mineral dan kimia. Melalui MDM Group pula, Andrey Melnichenko menjadi produsen dan eksportir pipa baja terbesar di Rusia.

Memasuki 2004, Andrey Melnichenko mulai menjual saham MDM Group di London Stock Exchange. Sejak 2004 pula, dia duduk sebagai presiden MDM Group. Dari 2005 sampai 2007, dia menjual seluruh saham miliknya di MDM Bank kepada rekannya—Sergei Popov—dan sejak itu dia fokus mengembangkan industri pertambangan yang ada di bawah MDM Group.

Pada 2001, Andrey Melnichenko mengembangkan perusahaan SUEK miliknya, dengan melahirkan anak perusahaan bernama SGC. Dua tahun kemudian, pada 2013, dia menjadi pemegang saham utama SUEK dan SGC.

Kini, bisnis Andrey Melnichenko meliputi EUROCHEM (salah satu perusahaan pupuk dan mineral terbesar di Rusia—dia memegang 92,2 persen saham perusahaan), Siberia Coal Energy Company atau SUEK (salah satu perusahaan penghasil batubara terbesar di Rusia—dia juga memiliki 92,2 persen saham perusahaan), dan satu lagi pada bisnis pembangkit listrik, tempat dia juga memiliki 92,2 persen saham perusahaan.

Seperti yang dinyatakan di atas, kehidupan pribadi Andrey Melnichenko sulit dilacak, selain karir dan kekayaannya. Dalam kehidupan pribadi, dia pun hanya diketahui menikah dengan mantan model dan penyanyi pop Serbia, bernama Aleksandra Melnichenko. Sedangkan dalam urusan kekayaan, dia diketahui memiliki yacht (kapal pesiar mewah) yang dirancang oleh Philip Starck dan Martin Francis yang terkenal sebagai perancang yacht kelas dunia.

Andrey Melnichenko juga memiliki pesawat Boeing 737, dan memiliki villa mewah di Antibes yang dikenal sebagai Villa Altiar. Di Inggris, dia juga dketahui memiliki rumah mewah di Harewood Estate di wilayah Surrey.