8 Makanan yang Meredakan Radang Tenggorokan

8 Makanan yang Meredakan Radang Tenggorokan

BIBLIOTIKA - Di antara penyebab radang tenggorokan adalah infeksi bakteri. Meski terkesan ringan, namun radang tenggorokan bisa menyiksa penderitanya. Mau makan terasa perih, bahkan menelan ludah pun terasa sakit. Selain memeriksakannya ke dokter untuk mendapatkan perawatan, Anda juga bisa mengatasi radang tenggorokan dengan mengonsumsi beberapa makanan berikut ini.

Pisang

Selain mudah ditelan karena halus, pisang juga mengandung vitamin B6, vitamin C, dan kalium, yang dibutuhkan oleh tubuh. Yang tidak kalah penting, pisang hanya mengandung kalori dalam kadar rendah.

Sup ayam

Sifat anti-inflamasi dalam sup ayam bisa membantu meredakan radang tenggorokan. Anda bisa memasak sup ayam yang penuh gizi dengan menggunakan bahan-bahan menyehatkan seperti wortel, bawang bombai, lobak, seledri, kentang, dan bawang putih.

Lemon

Anda bisa mencampurkan lemon dengan madu, kemudian meminumnya. Sama seperti sup ayam, campuran lemon dan madu juga memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu meredakan dan menyembuhkan radang tenggorokan.

Telur

Telur memiliki tekstur yang lembut, sehingga mudah dimakan. Jika Anda tidak menyukai telur rebus, Anda bisa membuat telur orak-arik. Telur—khususnya putih telur—mengandung protein yang mampu meredakan radang tenggorokan.

Teh jahe

Kadang-kadang, radang tenggorokan diikuti rasa gatal yang menyiksa. Jika seperti itu pula yang Anda alami, Anda bisa mengatasinya dengan teh jahe, yaitu teh yang dicampur dengan jahe. Minuman itu akan membantu mencegah iritasi, dan meredakan radang tenggorokan yang Anda alami.

Oatmeal

Selain mengandung serat yang dapat mengurangi kolesterol jahat, oatmeal juga memiliki tekstur lembut, sehingga mudah ditelan. Mengonsumsi oatmeal juga bisa membantu meredakan radang tenggorokan.

Pasta gandum

Anda bisa membuat pasta sendiri di rumah dengan menggunakan bahan gandum, untuk meredakan radang tenggorokan yang sedang dialami. Pasta gandum mengandung serat, zat besi, zinc, vitamin B1, B2, B3, dan vitamin E.

Wortel rebus

Yang perlu Anda lakukan hanya merebus wortel sampai empuk, kemudian memakannya. Itu baik untuk meredakan radang tenggorokan. Wortel mengandung vitamin A, vitamin C, serat, juga kalium.