6 Makanan yang Menjauhkan Gigi Berlubang

6 Makanan yang Menjauhkan Gigi Berlubang

BIBLIOTIKA - Ada beberapa masalah yang bisa terjadi pada gigi, dan gigi berlubang adalah salah satunya. Umumnya, gigi berlubang disebabkan oleh bakteri yang tinggal di gigi. Karena kurang menjaga kebersihan, bakteri itu kemudian berkembang biak dan menggerogoti gigi.

Cara paling efektif untuk menghindarkan gigi berlubang tentu menjaga kesehatan mulut dan gigi, yang salah satunya menyikat gigi secara teratur. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi makanan-makanan berikut ini, karena bisa membantu menjauhkan masalah gigi berlubang.

Buah yang tidak manis

Mengonsumsi buah-buahan adalah kebiasaan sehat, karena buah-buahan memang mengandung banyak gizi yang dibutuhkan tubuh. Namun, untuk menjauhkan masalah gigi berlubang, yang Anda butuhkan adalah buah-buahan yang tidak manis, namun kaya serat. Mentimun adalah satu di antaranya.

Sayuran berserat

Sayur-sayuran berserat, semisal wortel atau sayuran berdaun hijau, juga bisa dikonsumsi untuk mencegah masalah gigi berlubang.

Kismis

Kandungan flavonoid dan fotopenol dalam kismis dapat membantu mengontrol bakteri, yang pada akhirnya menghindarkan terjadinya gigi berlubang.

Makanan laut

Makanan-makanan laut, semisal udang dan tiram, mengandung kalsium tinggi yang dapat membantu memperkuat gigi.

Permen karet bebas gula

Aktivitas mengunyah permen karet bisa menghasilkan asam mulut yang membuat lapisan pada pelindung gigi. Dengan kata lain, permen karet bisa menjauhkan gigi berlubang. Namun, untuk tujuan itu, Anda harus memilih permen karet yang bebas gula, bukan perman karet yang manis.

Daun mint

Mengunyah daun mint bisa membantu melindungi dan memperkuat gigi, karena daun mint bersifat sebagai desinfektan alami.