6 Makanan yang Membersihkan Gigi dan Menyegarkan Napas

 6 Makanan yang Membersihkan Gigi dan Menyegarkan Napas

BIBLIOTIKA - Mulut kita adalah sarang bakteri. Sisa-sisa makanan yang terselip di antara sela-sela gigi bisa menjadi tempat bakteri untuk berkembang biak, yang lalu hasilnya berupa masalah gigi serta napas yang bau. Karena itulah, kita pun disarankan untuk selalu rajin menggosok gigi, khususnya setelah makan. Pada saat ini bahkan ada pasta gigi yang ditambahi bahan tertentu, yang ditujukan agar napas terasa lebih segar.

Untuk menunjang hal itu, Anda juga bisa mengonsumsi makanan-makanan tertentu yang menjadikan gigi semakin bersih dan napas semakin segar. Berikut ini di antaranya.

Seledri

Seusai makan, kunyah batang seledri, dan rasakan serat-serat sayuran mentah tersebut. Mengunyah seledri bisa bermanfaat bagi gusi. Selain itu, dalam proses pengunyahan, ludah akan lebih banyak diproduksi untuk membersihkan isi mulut.

Pir dan apel

Pir dan apel mengandung gula buah yang membantu menyehatkan gigi dan gusi. Selain itu, pir dan apel juga mengandung antioksidan dan nutrisi yang menyehatkan tubuh.

Keju

Sebagai produk susu, keju mengandung protein susu yang disebut casein, zat yang memperkuat perlindungan lapisan gigi. Selain itu, keju juga rendah asam dan gula, namun tinggi kalsium. Mengonsumsi keju bisa membantu gigi lebih bersih, dan napas lebih segar.

Yoghurt

Tak jauh beda dengan keju, yoghurt juga mengandung casein dan kalsium. Selain membersihkan gigi dan menyegarkan napas, yoghurt juga membantu meningkatkan pencernaan, dan menyehatkan tubuh secara keseluruhan.

Minyak atsiri

Minyak atsiri dihasilkan dari proses penyulingan buah, biji, daun, dan akar tanaman atsiri. Anda bisa mencampur beberapa tetes minyak atsiri ke dalam air hangat, dan menggunakannya untuk berkumur. Minyak atsiri ampuh dalam meredakan radang gusi, mencegah bakteri yang menyerang gigi berlubang, serta menyegarkan napas.