50 Perusahaan Terbesar di Asia

50 Perusahaan Terbesar di Asia

BIBLIOTIKA - Pada pertengahan 2015, Forbes melakukan riset terhadap 1.116 perusahaan yang memiliki pendapatan tahunan minimal 3 miliar dollar. Dari seluruh perusahaan itu, kemudian dipilih 50 perusahaan yang dimasukkan dalam daftar yang disebut Fab50 atau Fabulous50. Berikut ini adalah 50 perusahaan di Asia yang dianggap terbesar menurut Forbes.

Daftar berikut ini disusun secara alfabetis, berdasarkan nama perusahaan.
  1. Amorepacific: Perusahaan manufaktur kosmetik terbesar ke-14 di dunia, milik Suh Kyung Bae, yang merupakan salah satu orang terkaya di Korea Selatan.
  2. Aurobindo Pharma: Perusahaan obat generik dari India, yang pada 2015 mengalami lonjakan pendapatan, hingga meraih laba bersih mencapai 285 juta dollar.
  3. Avago Technologies: Perusahaan teknologi asal Singapura ini masuk dalam daftar Fab50, karena harga sahamnya yang meningkat dua kali lipat.
  4. Baidu: Perusahaan mesin pencari di internet, yang dibuat di Cina, dan popularitasnya di Cina mengalahkan Google, yang juga bergerak dalam bidang bisnis mesin pencari di internet.
  5. Bangkok Dusit Medical Services: Perusahaan pelayanan dan perawatan medis asal Thailand yang terus mengalami kenaikan pendapatan.
  6. Batu Kawan Berhad: Perusahaan asal Malaysia, yang didirikan oleh dua bersaudara, Lee Oi Hian dan Lee Hau Hian. Dalam lima tahun terakhir, pendapatannya terus meningkat hingga tiga kali lipat.
  7. Beijing DBN Technology Group: Perusahan raksasa yang bergerak di bidang teknologi pertanian, perkebunan, dan peternakan. Bermarkas di Beijing, perusahaan ini mempekerjakan lebih dari 18 ribu karyawan, menguasai 40 lahan produksi, memiliki 67 anak perusahaan, serta mengoperasikan 500 toko dan lebih dari 1.000 pusat layanan pelanggan.
  8. BGF Retail: Perusahaan mini market terbesar di Korea, yang dimiliki oleh Hong Seok-Yoh. Waralaba perusahaan ini telah memiliki 9.000 mini market yang tersebar di Korea Selatan dan Korea Utara.
  9. Catcher Technology: Perusahaan asal Taiwan ini telah berdiri sejak 1984, dengan memproduksi alumunium dan magnesium untuk membuat komputer, notebook, dan ponsel.
  10. China Fortune Land: Perusahaan pengembang asal Cina, yang menjalin kerja sama dengan Atherton Pacific Green Group dari Amerika, dalam mengembangkan industrial park di kota Wuxi, Cina.
  11. China Hongqiao Group: Perusahaan asal Cina yang bergerak di bidang tambang mineral, dan menjadi pemasok alumunium dengan harga murah.
  12. China ZhengTong Auto Services: Bergerak dalam bisnis dealer mobil, perusahaan ini dikenal sebagai raksasa, karena memiliki 105 dealer yang tersebar di 37 kota di Cina. Menjajakan mobil-mobil terkenal dunia, termasuk Volvo, BMW, Jaguar, dan Land Rover.
  13. Coolpad: Perusahaan smartphone asal Cina, yang memproduksi smartphone 4G bermerek Danzen. Selain menguasai pasar Cina, smartphone produksi perusahaan ini juga mulai masuk ke India.
  14. Cosmos Pharmaceutical: Perusahaan farmasi asal Jepang, yang memiliki lebih dari 650 toko yang menjual obat-obatan produksinya.
  15. CP ALL: Di Thailand, perusahaan ini merupakan operator di balik hadirnya gerai 7-Eleven di negara tersebut. Seiring penjualan 7-Eleven yang terus naik, pendapatan dan laba bersih CP ALL pun ikut terus naik.
  16. CWT: Perusahaan logistik asal Singapura yang merupakan perusahaan logistik terbesar dalam perdagangan di Asia Tenggara.
  17. GoerTek: Perusahaan asal Cina yang memproduksi peralatan teknologi. Berdiri sejak 2001, dan go public pada 2008 di Shenzhen. Jiang Bin, sang pendiri perusahaan, saat ini telah menjadi salah satu orang terkaya di Cina.
  18. Great Wall Motors: Salah satu perusahaan otomotif terbesar di Cina. Memproduksi mobil-mobil yang dijual di Cina dan negara-negara lain.
  19. Gree Electric Appliances: Berbasis di Zhuhai, Cina, perusahaan ini merupakan produsen alat-alat elektronik seperti AC, kompresor, dispenser dan rice cooker. Akhir-akhir ini juga mulai memproduksi smartphone.
  20. GT Capital: Merupakan induk perusahaan di Filipina yang mengoperasikan berbagai perusahaan lain, dan bergerak di bidang real estate, energi, juga penjualan mobil.
  21. HCL Technologies: Perusahaan teknologi asal New Delhi, India, memiliki lebih dari 100 ribu karyawan yang tersebar di 31 negara.
  22. HDFC Bank Branch In Mumbai: Salah satu bank swasta terbesar di India, yang memiliki lebih dari 32 juta nasabah. Kantor cabangnya telah mencapai 4.000, dan tersebar di berbagai kota di India. Masih akan membuka 300 kantor cabang lain.
  23. Heilan Home: Perusahaan asal Cina yang memproduksi pakaian-pakaian untuk kelas atas, yang mengoperasikan 3.000 toko di berbagai wilayah Cina.
  24. Hotel Shilla: Hotel yang beroperasi di Cina ini adalah anak perusahaan Samsung. Seiring booming-nya sektor pariwisata di Cina, perusahaan perhotelan ini pun terus mengalami peningkatan pendapatan.
  25. Huadong Medicine: Berdiri pada 1952 di Hangzhou, Cina, perusahaan ini semula milik negara, tapi lalu go public pada tahun 2000 di Shenzhen.
  26. IHH Healthcare: Merupakan operator rumah sakit terbesar di Asia. Perusahaan ini mengoperasikan 39 rumah sakit di 10 negara, dan masih akan membangun rumah sakit di Hong Kong dan India.
  27. Inner Mongolia Yili Industrial Group: Bermarkas di dataran tinggi Hohhot, Mongolia, perusahaan ini memproduksi susu kemasan, susu bubuk, es krim, yoghurt, dan produk berbahan susu lainnya, juga terlibat dalam penelitian serta pengujian produk berbasis susu.
  28. Jiangsu Yanghe Brewery: Perusahaan ini menjadi produsen minuman keras terbesar di Cina, dengan 150 cabang yang tersebar di berbagai kota di Cina.
  29. Jollibee: Didirikan pertama kali pada 1975 sebagai toko es, sekarang berubah menjadi perusahaan raksasa dalam bidang restoran cepat saji. Saat ini memiliki lebih dari 2.000 gerai restoran di berbagai lokasi di Filipina, dan 2.933 restoran di berbagai negara. Pada 2015, perusahaan ini berencana menambah 330 restoran lagi.
  30. Kangmei Pharmaceutical: Berdiri sejak 1997 sebagai perusahaan produsen obat, kini telah menjadi salah satu perusahaan farmasi terbesar di Cina, dengan nilai 2,4 miliar dollar.
  31. Lenovo: Perusahaan asal Cina yang memproduksi laptop dan smartphone dengan merek Lenovo, yang mampu bersaing dengan para produsen smartphone dan laptop di kancah internasional.
  32. LG Household & Health Care: Merupakan salah satu anak perusahaan LG yang bergerak di bidang produk kosmetik. Tercatat sebagai perusahaan kosmetik terbesar kedua di Korea.
  33. Lupin: Perusahaan farmasi asal Mumbai, India, yang terus aktif melakukan akuisisi perusahaan-perusahaan farmasi dunia. Operasinya mencapai Brasil dan Rusia.
  34. Motherson Sumi Systems: Perusahaan ini bergerak sebagai produsen bahan peralatan penunjang untuk membuat mobil, seperti spion, kabel, serta desain eksterior dan interior mobil. Wilayah operasinya mencapai Amerika Serikat dan Hungaria.
  35. Netease: Bergerak dalam tiga bidang, yaitu game online, iklan, e-mail dan e-commerce, perusahaan ini sedang membangun perusahaan travel berbasis internet.
  36. New Hope Liuhe: Berkantor pusat di Chengdu, Cina, perusahaan ini merupakan produsen daging ternak dan pakan ternak. Wilayah bisnis perusahaan ini mencapai Prancis.
  37. Qingdao Haier: Berbasis di Ranjangaon, India, perusahaan ini merupakan salah satu perusahaan terbesar dalam bidang produksi peralatan rumah tangga semisal kulkas, AC, freezer dan microwave. Saat ini juga mulai memproduksi laptop.
  38. Shenzhen O-Film Tech: Terkenal sebagai perusahaan yang memproduksi beragam komponen ponsel, semisal kamera ponsel, layar ponsel, dan lain-lain. Selain memiliki empat pabrik di Suzhou, Shenzhen, Nanchang dan Hsinchu, perusahaan ini juga memiliki kantor di Silicon Valley, Tokyo, Taipei, dan Cina.
  39. Sumber Alfaria Trijaya: Perusahaan retail mini market asal Indonesia yang memiliki lebih dari 10.000 toko, dengan 30 persennya dikembangkan melalui sistem waralaba dengan nama Alfamart. Saat ini, Alfamart berencana melakukan ekspansi ke Filipina.
  40. Sun Pharmaceutical: Merupakan perusahaan farmasi terbesar di India, yang memproduksi obat-obatan dengan distribusi ke berbagai belahan dunia.
  41. Sunac China Holdings: Perusahaan properti yang berbasis di Tianjin, Cina, dan memiliki total lahan seluas 21,6 juta meter persegi. Bergerak di bidang penjualan apartemen, vila, rumah, kantor, dan apartemen.
  42. Tata Consultancy: Salah satu perusahaan terbesar di bidang IT di India. Bergerak dalam layanan digital.
  43. Tata Motors: Perusahaan asal India yang bergerak dalam bidang produksi sekaligus penjual mobil. Selain menjual mobil produksi sendiri, mereka juga bergerak dalam penjualan mobil produksi perusahaan lain.
  44. Tech Mahindra: Perusahaan teknologi informasi asal India yang wilayah operasinya mencapai Amerika Serikat.
  45. Tencent Holdings: Perusahaan yang berbasis digital ini memproduksi aplikasi instant messaging QQ, mengembangkan bisnis di bidang mobile game, e-commerce, jasa hiburan interaktif, musik online, e-mail, juga produk sosial media WeChat.
  46. Titan: Salah satu perusahaan retail terbesar di India, yang menjual perhiasan dan jam tangan. Perusahaan ini memiliki 1.201 toko di India, dan 229 di Sri Lanka.
  47. Yonghui Superstores: Merupakan salah satu perusahaan retail hypermarket terbesar di Cina.
  48. Yunnan Baiyao Group: Berdiri sejak 1902, perusahaan ini menjadi produsen obat tertua di Cina, yang sampai saat ini masih aktif mendistribusikan obat-obatan tradisional. Saat ini juga mulai merambah bidang perhotelan dan investasi.
  49. Zhejiang Yasha Decoration: Ketika didirikan pertama kali, perusahaan ini merupakan pembuat peralatan berbahan dasar kayu. Sekarang telah berkembang menjadi produsen furniture untuk hotel-hotel ternama dan pusat perbelanjaan, hingga terlibat dalam pembangunan bandara.
  50. Zhengzhou Yutong Bus: Merupakan perusahaan penyedia layanan transportasi publik di Cina.