5 Makanan yang Meningkatkan Sistem Imun

  5 Makanan yang Meningkatkan Sistem Imun

BIBLIOTIKA - Sistem imun atau kekebalan tubuh adalah sistem yang menjaga tubuh dari serangan penyakit atau virus dan bakteri. Jika sistem imun kita baik, maka penyakit tidak mudah menyerang. Sebaliknya, jika sistem imun kita buruk, tubuh kita pun jadi rentan terserang penyakit, khususnya penyakit ringan seperti flu, pilek, dan semacamnya.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang dapat memantu meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh kita.

Yoghurt

Selain membantu sistem pencernaan, mengonsumsi yoghurt juga bisa membantu tubuh meningkatkan sistem imun. Karenanya, Anda bisa rutin mengonsumsinya setiap hari.

Labu

Labu bisa dimasak dalam berbagai olahan sayur. Selain enak, labu juga mengandung antioksidan dan betakaroten yang ampuh melawan bakteri jahat.

Rumput laut

Satu porsi rumput laut mengandung vitamin C yang lebih banyak daripada jeruk. Selain itu, rumput laut juga kaya vitamin B yang dapat menurunkan risiko kanker dan serangan jantung.

Zinc

Pilek biasanya ditandai dengan munculnya gatal di tenggorokan. Munculnya gatal di tenggorokan biasanya disebabkan karena tubuh kekurangan zinc. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengonsumsi makanan yang mengandung zinc, semisal seafood, daging, produk susu, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

Air putih

Tubuh yang kekurangan cairan menjadikan dehidrasi. Dehidrasi mempengaruhi sistem imun, hingga tubuh jadi mudah terserang penyakit. Untuk menghindarkan hal itu, Anda perlu rajin minum air putih, agar tubuh selalu terhidrasi.