5 Makanan untuk Menekan Nafsu Makan

 5 Makanan untuk Menekan Nafsu Makan

BIBLIOTIKA - Nafsu makan bisa hilang atau turun, namun bisa pula meninggi dan menjadikan kita ingin terus makan. Kehilangan nafsu makan menjadikan kita kekurangan energi, sementara nafsu makan yang terlalu tinggi bisa menjadikan berat badan bertambah dan kegemukan.

Jika Anda kebetulan mengalami nafsu makan yang tinggi, dan berniat mengatasinya agar badan tidak terus bertambah berat, beberapa makanan berikut ini bisa membantu, karena dapat menekan nafsu makan Anda.

Alpukat

Mengonsumsi alpukat secara teratur akan dapat menekan nafsu makan Anda, karena buah ini mengandung serat dan lemak tak jenuh. Selain itu, lemak pada alpukat dapat mengirim sinyal pada otak yang akan memberitahu bahwa Anda sudah kenyang. Hasilnya, nafsu makan akan turun.

Apel

Apel memiliki fungsi sama dengan alpukat, karena mengandung serat dan rendah karbohidrat. Untuk menekan nafsu makan, kunyahlah apel dalam bentuk utuh atau sebelum dipotong. Proses mengunyah apel akan membuat otak mengirimkan sinyal bahwa Anda sudah kenyang. Selain menekan nafsu makan, apel juga membantu menyeimbangkan glukosa dan meningkatkan energi.

Tahu

Tahu dibuat dari kedelai, yang merupakan sumber genistein. Genistein adalah senyawa ampuh dalam menekan nafsu makan. Karenanya, mengonsumsi tahu tidak hanya menyehatkan karena kandungan proteinnya, namun juga dapat menjaga berat badan Anda secara alami.

Teh hijau

Meminum teh hijau secara rutin dapat mengurangi nafsu makan Anda. Teh hijau mengandung senyawa katekin yang mampu memperlambat proses perubahan glukosa menjadi sel lemak, dan yang kemudian menurunkan kandungan gula dalam darah. Ketika gula darah stabil, maka perasaan lapar pun akan berkurang.

Cokelat hitam

Ini makanan enak dengan banyak manfaat. Selain dapat meningkatkan libido serta mempelambat proses penuaan, cokelat hitam juga dapat menekan nafsu makan, karena rasa pahitnya akan memberikan sinyal pada otak bahwa Anda telah kenyang.