5 Makanan Pahit yang Menyehatkan Tubuh

Makanan Pahit yang Menyehatkan Tubuh

BIBLIOTIKA - Jamu tradisional telah terkenal sebagai minuman pahit namun memiliki fungsi menyembuhkan atau menyehatkan tubuh. Sayangnya, jamu memiliki rasa pahit yang bisa dibilang tidak enak di lidah. Karena pahitnya pula, banyak orang yang menjauh dari jamu.

Kenyataannya, makanan atau minuman yang menyehatkan tidak selamanya enak dan manis. Bahkan lebih sering terasa tidak enak, khususnya pahit. Pil, misalnya. Sama seperti jamu, pil juga pahit. Tapi kadang kita butuh mengonsumsinya karena sedang menderita penyakit.

Berikut ini adalah beberapa makanan pahit namun memiliki efek menyehatkan tubuh. Berbeda dengan pil atau jamu, makanan berikut ini tentu jauh lebih alami.

Pare

Meski bukan jamu, pare telah terkenal sebagai makanan yang memiliki rasa pahit. Meski begitu, pare sangat ampuh dalam membantu penyembuhan diabetes. Beberapa masalah kesehatan seperti sembelit, gangguan pernapasan, dan kolera, juga bisa diredakan dengan mengonsumsi pare.

Daun pepaya

Buah pepaya memiliki rasa yang manis, kita semua tahu. Tapi bagaimana dengan daunnya? Berbeda dengan buahnya, daun pepaya memiliki rasa yang pahit. Namun daun yang pahit itu sangat efektif dalam mengembalikan nafsu makan yang turun, atau meningkatkan nafsu makan saat kita kehilangan selera makan.

Selain itu, daun pepaya juga dapat mengatasi katarak, mencegah penuaan, meningkatkan sistem imun, serta menurunkan risiko kanker.

Kunyit

Tentu saja kita tidak memakan kunyit secara langsung, karena biasanya rempah dapur ini dimanfaatkan sebagai bumbu untuk beberapa jenis makanan. Kunyit mampu membantu melancarkan pencernaan, menurunkan berat badan, dan membersihkan darah. Karenanya, menggunakan kunyit sebagai bumbu masakan bisa membantu menyehatkan tubuh.

Cokelat hitam

Selama ini kita mungkin lebih mengenal cokelat hitam yang manis dan enak. Cokelat semacam itu telah ditambahi gula atau zat pemanis lain. Cokelat hitam yang tanpa gula memiliki rasa yang justru pahit. Namun, cokelat hitam pahit jenis itulah yang mengandung banyak nutrisi serta antioksidan yang menyehatkan tubuh.

Kale

Kale adalah sayuran hijau mirip kubis. Memiliki rasa pahit, namun menyehatkan tubuh. Kale mengandung vitamin A, vitamin C, kalsium, dan antioksidan yang membantu melawan kanker.