10 Makanan untuk Meringankan Sakit Perut

 10 Makanan untuk Meringankan Sakit Perut

BIBLIOTIKA - Sakit perut mungkin bukan masalah berat, namun penderitanya bisa merasa lemas dan kehilangan gairah. Dalam kadar yang ringan, orang kadang memanfaatkan balsem untuk mengurut perut yang sakit. Namun, perut yang sakit melilit kadang tidak cukup diatasi dengan balsem, sementara sakitnya lebih menyiksa.

Berikut ini beberapa makanan yang bisa dikonsumsi untuk meringankan sakit perut yang sewaktu-waktu bisa terjadi.

Pisang

Kandungan kalium dan elektrolit dalam pisang membantu mengatasi dehidrasi pada tubuh, serta menyembuhkan diare. Saat sakit perut menyerang, Anda bisa segera mencari pisang.

Apel


Mencegah tentu jauh lebih baik daripada mengobati. Dalam hal sakit perut, Anda bisa mencegah masalah tersebut dengan rutin mengonsumsi apel. Makan satu butir apel setiap hari bisa menjauhkan Anda dari berbagai risiko penyakit, termasuk sakit perut. Apel mengandung serat larut, juga pektin dan enzim lain yang membantu memecah dan menyingkirkan partikel makanan dalam tubuh.

Yoghurt


Kandungan probiotik dalam yoghurt menjadikannya sebagai salah satu makanan terbaik dan alami dalam mengatasi masalah sakit perut. Yoghurt dapat menghilangkan rasa tidak nyaman akibat sakit perut, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Jus wortel

Jus wortel bisa membantu meringankan sakit perut. Anda bisa membuat jus wortel dengan menambahkan beberapa tangkai daun mint.

Makanan bertepung


Saat sakit perut, cobalah untuk memakan makanan bertepung, semisal nasi, karena dapat membantu meringankan sakit perut serta membuat Anda merasa lebih nyaman.

Oat

Saat perut terasa sakit melilit, Anda bisa menikmati oat hangat dengan susu. Makanan itu mengandung banyak serat, dan baik untuk mengatasi perut yang sakit.

Cuka sari apel

Cuka sari apel dapat membantu melancarkan pencernaan, serta mengurangi kram serta gas dalam perut. Anda bisa mencampurkan satu sendok makan cuka sari apel dengan secangkir air hangat dan madu.

Pepaya

Pepaya mengandung papain, yaitu enzim pencernaan alami. Enzim tersebut mampu membantu memecah makanan yang bisa mengiritasi lambung.

Teh jahe

Obat alami yang terkenal untuk mengatasi masalah sakit perut adalah teh jahe. Anda bisa membuat ramuan teh yang dicampur bubuk jahe, untuk mengurangi sakit perut dan ketidaknyamanan yang Anda rasakan.

Air kelapa

Air kelapa mengandung gula alami yang dapat membantu memberikan kalori dan elektrolit. Kandungan kalium dalam air kelapa juga bisa mendetoksifikasi perut.