10 Makanan untuk Meningkatkan Konsentrasi

 Makanan untuk Meningkatkan Konsentrasi

BIBLIOTIKA - Konsentrasi pikiran tidak hanya dibutuhkan mahasiswa di kelas, namun juga dibutuhkan karyawan atau pekerja di kantor. Banyak aktivitas dan pekerjaan sehari-hari juga menuntut konsentrasi. Sayangnya, kadang konsentrasi kita mudah buyar karena sesuatu—entah pikiran sedang kacau, atau karena keadaan sekitar yang kurang mendukung.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang bisa membantu Anda meningkatkan konsentrasi. Makanan berikut ini sangat baik dikonsumsi, khususnya ketika Anda sedang diburu deadline.

Makanan rendah kalori

Pada waktu pagi, saat sarapan, sebaiknya pilihlah makanan yang rendah kalori, karena hal itu mendukung otak Anda untuk lebih bisa berkonsentrasi. Anda bisa menyertakan buah-buahan, susu, dan sereal, yang kesemuanya mengandung serat dan rendah kalori.

Kafein

Mengonsumsi kafein secara berlebihan bisa menimbulkan kegelisahan. Namun, jika dikonsumsi dalam takaran tepat atau tidak berlebihan, kafein bisa meningkatkan konsentrasi. Kafein bisa didapatkan melalui kopi atau teh.

Gula

Menikmati teh hangat dengan tambahan sesendok gula bisa membuat pikiran lebih segar. Efeknya, pikiran Anda akan lebih terfokus. Jika menginginkan yang lebih alami, Anda bisa mendapatkan gula alami dengan mengonsumsi buah-buahan segar. Selain sama-sama manis, gula alami tidak meningkatkan kadar gula dalam darah secara berlebihan.

Ikan

Sangat baik mengonsumsi ikan, setidaknya dua kali dalam seminggu. Ikan semisal salmon atau makarel mengandung asam lemak omega-3 yang baik dalam mendukung perkembangan fungsi otak.

Bluberi

Menikmati buah bluberi tidak hanya membantu konsentrasi, namun dalam jangka panjang juga dapat melindungi otak dari risiko penyakit Alzheimer dan demensia.

Popcorn

Makanan renyah ini dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan menguatkan memori, karena mengandung vitamin B6, vitamin B12, dan vitamin E.

Alpukat

Alpukat adalah buah yang multi manfaat, karena kandungan zat yang dimilikinya mendukung kesehatan, termasuk meningkatkan konsentrasi pikiran. Sering mengonsumsi alpukat bisa menguatkan kemampuan otak.

Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian mengandung antioksidan dan protein yang dapat membantu Anda tetap fokus. Dalam jangka panjang, kacang-kacangan dan biji-bijian membantu memberikan perlindungan terhadap penurunan fungsi kognitif pada otak.

Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti bayam, peterseli, dan brokoli, membantu menajamkan otak, karena mengandung asam folat yang tinggi.

Suplemen

Selain makanan-makanan yang disebutkan di atas, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen untuk tujuan yang sama. Ginseng dan ginko biloba, misalnya, dikenal mampu membantu meningkatkan memori dan kemampuan otak untuk konsentrasi.