10 Makanan untuk Meningkatkan Kemampuan Otak

 10 Makanan untuk Meningkatkan Kemampuan Otak

BIBLIOTIKA - Kemampuan otak seseorang tidak hanya dipengaruhi oleh gen atau keturunan, namun juga pendidikan, lingkungan, pola asuh, sampai makanan yang dikonsumsi. Karenanya, selain belajar yang tekun, kita juga bisa meningkatkan kemampuan otak melalui makanan-makanan yang tepat. Berikut ini adalah beberapa makanan yang dapat membantu meningkatkan kemampuan otak.

Ikan

Jenis ikan seperti sarden dan salmon mengandung asam lemak omega-3 dan lemak esensial yang dapat mempengaruhi fungsi otak, meningkatkan komunikasi sel-sel otak, serta menjaga kesehatan otak.

Cabai

Bagi penyuka makanan pedas, cabai adalah bahan penting dalam makanan. Selain itu, cabai juga baik untuk perkembangan otak, karena mengandung vitamin C dalam jumlah sangat besar, yang bahkan melebihi kadar vitamin C pada buah jeruk.

Biji labu

Zinc dan seng yang merupakan mineral dalam biji labu memiliki kemampuan dalam meningkatkan memori atau daya ingat. Anda bisa mengonsumsi biji labu dengan beragam cara. Untuk menjaga kemampuan otak selalu optimal, Anda membutuhkan sekitar satu genggam biji labu setiap hari.

Tomat

Tomat mengandung likopen, antioksidan yang berfungsi menghancurkan radikal bebas dalam tubuh, serta mencegah penyakit yang berhubungan dengan otak seperti Alzheimer.

Brokoli

Sayurah hijau ini mengandung vitamin K, vitamin C, dan antioksidan. Kombinasi vitamin itu mampu menjaga fungsi otak, dan membantu mencegah demensia atau kepikunan.

Kacang

Kacang jenis apa pun mengandung vitamin E, yang bisa mencegah kehilangan memori. Selain itu, kacang juga mengandung banyak lemak sehat.

Cokelat

Cokelat dibuat dari kakao. Kacang kakao diketahui mampu meningkatkan kesehatan otak. Sayangnya, kebanyakan cokelat yang beredar di pasaran hanya mengandung sedikit kacang kakao. Jika Anda ingin memanfaatkan cokelat untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan kemampuan otak, pilihlah cokelat yang mengandung banyak kacang kakao. Rasanya memang lebih pahit dibanding cokelat biasa, tapi lebih baik.

Bluberi

Bluberi mengandung banyak antioksidan dan vitamin, yang menjadikan buah ini mampu melindungi kesehatan otak Anda.

Biji rami

Biji rami mengandung banyak lemak sehat, yang bisa meningkatkan fungsi otak. Di pasaran, biji rami biasanya dijual dalam bentuk roti untuk bubur. Anda bisa menikmatinya dengan mencampurkannya dengan makanan lain.

Telur

Salah satu nutrisi yang menunjang kesehatan otak adalah kolin. Tubuh kita memproduksi kolin, namun hanya dalam jumlah kecil. Mengonsumsi telur dapat meningkatkan produksi kolin, yang pada akhirnya membantu meningkatkan kemampuan otak.