Jika Telur yang Memiliki Dua Kuning Telur Dierami, Apakah akan Menetas Jadi Dua Anak Ayam?

Jika Telur yang Memiliki Dua Kuning Telur Dierami, Apakah akan Menetas Jadi Dua Anak Ayam?

BIBLIOTIKA - Umumnya, telur hanya memiliki satu kuning telur. Tetapi, kadang-kadang, kita mendapati ada dua kuning telur dalam sebutir telur ayam. Pada waktu memecahkan telur di wajan untuk membuat telur mata sapi, misalnya, kita terkejut mendapati ada dua kuning telur di dalamnya. Jika telur ayam yang memiliki dua kuning telur semacam itu dierami, apakah akan menetas menjadi dua anak ayam?

Anak ayam berasal dari embrio yang dilapisi cairan putih di sekeliling kuning telur. Sedang kuning telur adalah tempat berkumpulnya bermacam-macam zat, seperti protein dan lemak, yang dibutuhkan embrio untuk tumbuh dan berkembang. Karenanya, meski sebuah telur memiliki dua kuning telur sekaligus, telur itu tetap hanya akan menghasilkan satu ekor anak ayam, karena bagian telur yang akan menjadi anak bukan bagian kuning telurnya.

Selain itu, dalam keadaan normal, pasti akan terjadi masalah jika ada telur yang akan menghasilkan ayam kembar atau dua anak ayam sekaligus. Apabila telur yang dikeluarkan induk ayam memiliki dua embrio sekaligus, kedua embrio itu akan kesulitan untuk tumbuh dan berkembang di dalam ruangan (cangkang) yang sempit, dan kemungkinan besar mereka akan kekurangan oksigen, hingga kemudian mati.

Kenyataan itu tidak hanya terjadi pada ayam dan itik yang berasal dari keluarga unggas. Pada keluarga amfibi atau serangga, atau hewan lain yang lahir dari telur, hampir tidak ada kelahiran kembar. Hal itu karena telur yang berisi anak kembar sangat lemah, dan anak-anak yang ada di dalamnya akan mudah mati.

Fakta:

Semakin berumur, ayam cenderung menghasilkan telur yang makin besar.

Jumlah kuning telur yang ditemukan dalam telur ayam yang paling banyak adalah sembilan.

Untuk menghasilkan selusin telur, ayam memerlukan makanan kira-kira sebanyak 8 kilogram.

Rekor telur yang dikeluarkan ayam dalam sehari adalah tujuh butir.

Ayam dengan cuping telinga merah akan menghasilkan telur cokelat, sedang ayam dengan cuping telinga putih akan menghasilkan telur putih.