Dari Mana Asal Istilah Cyberspace?

 Dari Mana Asal Istilah Cyberspace?

BIBLIOTIKA - Istilah Cyberspace pertama kali dipopulerkan oleh pengarang cerita fiksi ilmiah terkenal, William Gibson, melalui novelnya yang berjudul “Neuromancer”, yang terbit pada tahun 1984. Pada mulanya, istilah ini digunakan untuk menjelaskan dunia virtual 3D atau dunia internet.

Pada masa sekarang, Cyberspace digunakan sebagai istilah yang berhubungan dengan kumpulan komputer yang data elektroniknya dapat diakses. Apabila komputer berhubungan dengan internet atau jaringan besar lainnya, maka komputer yang bersangkutan menjadi bagian dari cyberspace.

Selain Cyberspace, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

BOA

Singkatan dari Binary Arithmetic Operation, yaitu operasi aritmatika yang menghitung bit-bit berbentuk biner.

Body

Suatu tag HTML yang digunakan untuk membuka dan menutup semua isian (text, grafik, dan lain-lain) dalam dokumen HTML.

Bomb

Kerusakan atau kesalahan fatal, misalnya program yang secara keseluruhan gagal total. Bisa pula merupakan sebutan bagi programmer yang sengaja menulis sebuah program untuk menghancurkan sebuah sistem komputer.

Bookmark

Sebuah program yang dipergunakan untuk menandai sesuatu. Misalnya menu yang terdapat di Word, untuk menandai kata-kata penting, atau mengoreksi kesalahan eja dalam teks yang diketik.

Dalam dunia web, Bookmark diartikan sebagai suatu catatan elektronik di dalam browser, yang berisi alamat-alamat web yang disukai di internet. Dalam browser Microsoft Internet Explorer, ‘pencatat’ ini disebut “Favorites”, sedangkan dalam browser Netscape dan Mozilla Firefox disebut “Bookmarks”.

Bookmark Portal

Sebuah website yang menyimpan bookmark-bookmark yang dimiliki, sehingga pengguna dapat menggunakannya pada komputer manapun, dan pada browser apapun. Beberapa situs bahkan memungkinkan pengguna untuk berbagi bookmark dengan orang lain.

Boolean Algebra

Sistem peraturan yang dirumuskan oleh George Boolean untuk mengekspresikan pernyataan logika, dan mengubahnya ke dalam bentuk aljabar dengan jalan menetapkannya sebagai True atau False. Dikenal pula sebagai logika simbolis yang langsung diterapkan pada sirkuit yang digunakan oleh komputer.

Boolean Search

Sebuah metode pencarian informasi. Biasa digunakan pada database, perpustakaan, atau katalog online.

Boolean Variabel

Sebuah variabel yang hanya memiliki nilai true atau false.

Boot

Kegiatan menghidupkan komputer dengan bootstrap loader.

Bootable Disk

Disk yang memuat sistem operasi yang diperlukan komputer untuk melakukan start up atau booting. Boot disk biasanya memakai RAM sebagai tempat penyimpanan sementara untuk menghilangkan kebutuhan akses penyimpanan utama.

BOOTP

Sebuah protokol bootstrap, yang dipakai untuk melewati proses booting pada titik-titik yang tidak mempunyai disk.

Bootsplash

Proyek yang memungkinkan hadirnya proses boot grafikal di Linux yang memiliki beberapa fitur, di antaranya; dapat memanfaatkan gambar dengan format JPEG, mendukung renderring text antialias, mendukung animasi MNG, proses bar, mendukung theme, dan tetap mampu informatif dengan menampilkan boot message.

Boot Record

Sebuah sektor yang berisi catatan informasi seluruh file dalam disket. Sektor ini ada dalam setiap disket, umumnya diletakkan pada track 1.

Boot Record Program

Suatu program yang bertanggung jawab untuk melakukan load sebuah sistem komputer.

Boot ROM

Sebuah chip memori Read Only yang memungkinkan workstation berkomunikasi dengan file server dan membaca program dari server. Workstation tersebut kemudian dapat bekerja dalam jaringan tanpa perlu memasang sebuah disk drive.

Bootstrap Button

Tombol atau sakelar yang pertama kali akan ditekan apabila akan menyalakan komputer. Penekanan tombol ini akan menyebabkan sistem operasi berhubungan dengan memori.

Bootstrap Loader

Sebuah program yang cukup sederhana untuk dipanggil secara manual dengan pertolongan sakelar. Program ini mampu memanggil program pemanggil lain yang lebih kompleks sehingga dapat menjalankan program buatan sendiri.

BOP

Singkatan dari Bit Oriented Protocol, yaitu nama lain dari protokol HDLC. Protokol ini mampu melaksanakan komunikasi dengan metode Half dan Full Duplex. Pemisahan field dalam frame data tidak menggunakan karakter pengendali.