Dalam Bisnis di Internet, Apa Perbedaan CPA dan CPC?

Dalam Bisnis di Internet, Apa Perbedaan CPA dan CPC?

BIBLIOTIKA - Cost-Per-Action, atau biasa disingkat CPA, adalah biaya yang dibebankan kepada advertiser untuk setiap pengunjung situs yang melakukan beberapa aksi spesial dalam merespon sesuatu di luar iklan, seperti menjadi pelanggan newsletter. Kebanyakan program afiliasi menggunakan sistem CPA.

Sedangkan Cost-Per-Click atau biasa disingkat CPC, adalah biaya untuk setiap klik pada link iklan PPC (Pay Per Click). CPC merepresentasikan suatu bentuk online advertising, dimana si pengiklan (advertiser) memberikan sejumlah uang kepada setiap pengunjung yang mengklik iklannya dan mengunjungi situs atau halaman penjualan produknya.

Di sisi lain, ada pula penerbit iklan (publisher) yang menampilkan iklan CPC di situs atau blognya, dan mendapatkan uang untuk setiap klik yang dilakukan pengunjung situs atau blognya.

Selain CPA dan CPC, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

Cost-Per-Lead

Biasa disingkat CPL, yaitu biaya yang didapat advertiser untuk setiap prospek yang didapat oleh affiliate.

Cost-Per-Mille

Biasa disingkat CPM, dimana mille berarti 1000 dalam bahasa Latin. CPM diartikan sebagai harga per seribu (1000) impresi, dan merepresentasikan suatu bentuk online advertising dimana si pengiklan (advertiser) akan membayar harga tertentu ketika iklan banner atau iklan lain mereka ditampilkan setiap seribu kali di sebuah situs atau blog.

Cost-Per-Order

Biasa disingkat CPO, yaitu biaya iklan berdasarkan banyaknya order yang diterima.

Cost-Per-Sale

Harga yang berhubungan dengan pembayaran komisi kepada advertiser untuk setiap penjualan dalam suatu affiliate.

Cost-Per-Thousand


Biasa disingkat CPM/T, yaitu jumlah yang dibayar untuk seribu (1.000) impression iklan banner pada suatu situs.

Cost-Per-Transaction

Biasa disingkat CPT, yaitu biaya iklan berdasarkan banyaknya transaksi yang dilakukan.

Border

Batas sebuah jendela (window). Ukuran sebuah jendela dapat diubah dengan meng-klik dan men-drag border tersebut.

Bot

Kependekan dari robot. Biasanya istilah ini digunakan untuk menjelaskan sebuah program komputer yang dapat digunakan dalam IRC dengan menjalankan perintah tertentu secara otomatis. Misalnya, dalam IRC, sebuah bot dapat kita lihat sebagai user biasa, sedangkan dalam WWW sebuah bot biasanya ditugaskan untuk mendownload halaman web dari internet secara otomatis.

Bottleneck

Istilah yang digunakan untuk menyebut gangguan yang terjadi apabila piranti keluaran (output) tidak dapat mengimbangi kinerja piranti pemrosesan, sehingga memperlambat kerja sistem secara keseluruhan.

Bottom-up Programming

Sebuah cara penulisan program yang diawali dari pembuatan program untuk detail-detail rutin level terendah, kemudian naik setingkat demi setingkat sampai pada sistem atau menu utama. Kelebihan sistem ini adalah kemudahan menguji rutin-rutin tersebut. Kekurangannya adalah, programmer dipaksa untuk membuat keputusan tentang program ini terlalu dini, dan mungkin harus mengesampingkan beberapa pekerjaan awal agar struktur program menjadi lebih jelas.

Boudot Code

Sistem sandi yang menggunakan 5 bit, dan kombinasi yang mampu dimanfaatkan sebagai sandi adalah 32 macam. Untuk memperbanyak jumlah sandi, ditambahkan dua sandi khusus—yaitu banyak Letters (11111) dan Figures (110011), sehingga memungkinkan sandi boudot memberi sandi untuk 58 macam simbol.

Bounced

Bounced atau bounce adalah pengembalian bagian-bagian e-mail karena suatu error atau kesalahan yang terjadi pada proses pengantarannya. Kesalahan itu bisa karena alamat yang dituju tidak ada, salah ketik, atau kelebihan kapasitas.

Bounds Register

Alat yang dapat menyimpan batas atas dan bawah address memori, yang berasal dari program komputer yang diberikan dalam sistem time sharing.

Bps

Singkatan dari byte per second, yaitu satuan yang digunakan untuk menunjukkan kecepatan pemindahan data di antara komputer, dihitung dari banyaknya bit yang dikirim dalam per detiknya. Suatu ukuran yang menunjukkan kecepatan transfer bit pada sebuah media komunikasi.

Brach

Suatu urutan perintah dalam program yang dilalui komputer, tergantung berapa banyak jumlah variabel.