Apa yang Disebut White Hat?

Apa yang Disebut White Hat?

BIBLIOTIKA - White Hat adalah sebutan untuk hacker yang lebih memanfaatkan pengetahuan mereka untuk memuaskan rasa ingin tahu bagi intelektualitas ketimbang untuk perbuatan jahat yang merusak. Hacker seperti ini sangat anti dengan perusakan sebuah sistem, pencurian data, ataupun merusak kinerja sebuah situs.

Selain White Hat, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

UTP


Singkatan dari Unshielded Twisted Pair, yaitu sepasang kabel yang dililitkan satu sama lain dengan tujuan untuk mengurangi interferensi listrik yang terdapat dari dua, empat atau lebih pasang (umumnya yang dipakai dalam jaringan adalah 4 pasang atau 8 kabel) dengan metode pengawatan.

UUCP

Singkatan dari UNIX-to-UNIX Copy, yaitu mekanisme yang terlebih dulu digunakan untuk mentransfer file e-mail, serta electronic news di antara mesin-mesin UNIX. Mesin-mesin UUCP terhubung satu dengan yang lain melalui kabel telepon dengan menggunakan modem. UUCP juga dapat mentransfer melewati network TCP/IP.

UUENCODE

Singkatan dari Unix to Unix Encoding, yaitu sebuah metode untuk mengkonversikan file dalam format biner ke ASCII, agar dapat dikirimkan melalui e-mail.

UXGA

Singkatan dari ultra Extended Graphics Array, yaitu spesifikasi tampilan yang mampu menyajikan resolusi hingga 1600 x 1200, atau sekitar 1,9 juta piksel.

V.32


Protokol yang digunakan modem untuk mentransfer data dengan kecepatan maksimum 9600 bps.

V.34

Protokol yang digunakan modem untuk mentransfer data dengan kecepatan maksimum 28800 bps.

V.42

Standar ITU (1989) untuk mengecek terjadinya error atau kesalahan pada modem yang menggunakan LAP-M sebagai protokol utama dan MNP Classes 2 through 4 sebagai protokol alternatif.

V.42bis

Protokol yang digunakan modem untuk mengkompresi data sampai maksimum empat kali lebih kecil.

V.90


Standar ITU (1988) untuk modem yang bekerja pada downstream kecepatan 56 Kbps dan upstream kecepatan 33.6 Kbps.

VBA

Singkatan dari Visual Basic for Applications, yaitu bahasa pemrograman yang dikemas ke dalam Microsoft Office. VBA sendiri diinterpretasikan sebagai bahasa interpreter.

VBScript

Bahasa scripting seperti JavaScript, yang dikembangkan oleh Microsoft Corp., yaitu script yang ditulis menggunakan syntax Visual Basic. VBScript dapat ditempelkan (embed) pada HTML untuk membuat halaman website yang dinamis, atau digunakan sebagai aplikasi stand alone dalam Windows XP.

VBulletin

Sebuah paket untuk membuat sebuah forum, dibuat dengan menggunakan bahasa php dan database-nya menggunakan MySQL.

Vcsdram

Singkatan dari Virtual Channel Synchronous Dynamic RAM.

Vendor

Produsen atau perusahaan yang menjual PC, hardware, dan software.

Veronica

Singkatan dari Very Easy Rodent Oriented Net-wide Index to Computerized Archives, yaitu program produksi Archie, yang dapat digunakan untuk membantu menemukan hal-hal di dalam Gopherspace seorang teman.

Version Creep

Problem yang muncul tatkala banyak sekali orang menambahkan fasilitas-fasilitas ke program yang sedang dipakai tersebut.

Vertex

Titik yang merupakan perpotongan dari garis. Pada segitiga terdapat tiga buah vertex.

Vertex Processor

Disebut pula dengan sebutan vertex pipeline, yaitu salah satu unit dari GPU yang berfungsi sebagai pembawa informasi geometri (dalam bentuk titik-titik vektor), atau juga langsung mengolahnya apabila diperlukan. Pemrosesannya sendiri bisa dalam bentuk fungsi tetap, atau dalam bentuk fungsi terprogram dengan vertex shader.

Vertex Shaders

Bagian dari nfiniteFX engine, Vertex Shaders digunakan untuk memberikan kesan hidup dan lebih nyata pada sebuah karakter atau tampilan layar. Sebagai contoh, melalui vertex shading, para pengembang aplikasi dapat membuat kerut yang muncul pada wajah ketika karakter tersebut tersenyum.

VESA

Singkatan dari Video Electronic Standard Association, yaitu sebuah standar untuk menjalankan sinyal audio dan video PC melalui sebuah kabel. Di sini, monitor digunakan sebagai point sentral distribusi untuk menghubungkan printer, keyboard, dan mouse. Dengan demikian akan mengurangi keruwetan kabel pada desktop komputer.