Apa yang Disebut WebCrawler?

Apa yang Disebut WebCrawler?

BIBLIOTIKA - WebCrawler adalah suatu program yang ditujukan untuk merambah situs, bekerja seperti search engine. WebCrawler akan mendatangi situs, membaca halaman web (biasanya dimulai dari halaman terdepan/homepage), mencari link yang ada di halaman tersebut, dan mengikuti link tersebut (tergantung setting).

Selain WebCrawler, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

WAV

Singkatan dari Wave File, yaitu format file audio yang terkenal dan telah menjadi ukuran standar untuk PC yang bersifat multifungsi, mulai dari sistem dan game sounds, sampai ke kualitas audio CD.

WBMP

Singkatan dari Wireless Bitmap, yaitu format grafik yang terdapat dalam WAP. WBMP merupakan format yang mirip dengan format BMP. Gambar dengan standar format WBMP terbagi dalam dua bagian, yaitu header (tempat untuk informasi karakteristik dari gambar, seperti tinggi, lebar, dan type gambar), dan isi (disebut Type dependent, merupakan bagian dari informasi gambar). Standar format WBMP dibuat dengan susunan yang dapat diperluas kegunaannya.

WCDMA

Wideband Code Division Multiple Access, yaitu suatu protokol transfer data pada sistim jaringan UMTS.

Web

Sistem pada internet yang memungkinkan siapa pun untuk berada di sana kapan pun juga.

Web-based e-mail

Mailer atau aplikasi e-mail yang berbasis web, atau disajikan dalam sebuah situs.

Webcam

Kamera video yang didesain untuk berhubungan dengan PC. Kamera tersebut bisa digunakan untuk merekam klip video yang bisa dikirim lewat e-mail, atau untuk mentransmisikan gambar secara langsung di internet untuk keperluan video conferencing.

Web Desainer

Orang yang membuat desain atau tampilan website.

Web Design

Proses pembuatan sebuah website.

Webdings

Font berjenis TrueType yang dikembangkan tahun 1997, dan disertakan pada semua versi Windows.

Web Feed

Format data yang disediakan untuk pengguna agar bisa berlangganan posting sebuah web atau blog.

Weblog

Istilah lain dari blog. Situs pribadi yang dilengkapi mesin updater, yang memudahkan pemiliknya untuk membuat, mengubah, dan memperbarui isi situs, tanpa perlu belajar bahasa pemrograman HTML.

Webmail

Fasilitas pengiriman, penerimaan, ataupun pembacaan email, melalui sarana web.

Webmaster

Orang yang bertugas mengurus sebuah homepage, dan menguasai bahasa HTML.

Web Page

Biasa disingkat dengan web, yaitu suatu halaman yang memuat banyak situs.

Web Server

Perangkat keras dan perangkat lunak yang dipakai untuk menyimpan dan mengirim dokumen HTML untuk digunakan dalam World Wide Web.

Web Service

Sekumpulan protokol dan standar yang digunakan untuk saling bertukar data antar aplikasi atau sistem. Aplikasi software yang tertulis dalam beragam bahasa pemrograman dan berjalan pada beragam platform dapat memanfaatkan web service untuk saling bertukar data lewat network komputer, sebagaimana perilaku serupa dalam internet untuk komunikasi antar proses pada satu komputer.

Website

Suatu koleksi dokumen HTML pribadi atau perusahaan dalam server web. Sebuah server web dapat berisi lebih dari satu situs.

Web to Mail

Istilah untuk e-mail yang berisi tampilan situs yang diubah menjadi plain text, dilengkapi dengan daftar alamat link yang menjadi rujukannya.

WECA

Singkatan dari Wireless Ethernet Compatibility Alliance, yaitu organisasi industri yang memberi sertifikasi pengoperasian produk jaringan nirkabel (wireless).

Whois

Program internet yang dipakai untuk menyediakan atau menyusun sebuah database dari domain seseorang. Whois juga merupakan perintah pada beberapa sistem yang menjelaskan nama seseorang yang sesungguhnya, yang didasarkan pada nama pemakai orang itu. Whois dapat dipakai melalui World Wide Web.

Wi-Fi

Singkatan dari Wireless Fidelity, yaitu transmisi data secara wireless (tanpa kabel). Wi-Fi merupakan nama dagang resmi untuk IEEE 802.11b yang dibuat oleh Wireless Ethernet Compatibility Aliance (WECA).