Apa yang Disebut Web Hosting?

Apa yang Disebut Web Hosting?

BIBLIOTIKA - Web Hosting adalah penyediaan ruang untuk menyimpan halaman web oleh pemilik komputer/server, yang dapat diakses 24 jam via internet. Web hosting bisa pula diartikan sebagai penempatan sebuah web page ke dalam sebuah web server komersial, atau penempatan data dan informasi di suatu halaman web.

Selain Web Hosting, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

MUSH

Singkatan dari Multi-User Shared Hallucination, yaitu salah satu bentuk permainan MUD.

MySpace

Situs Social Networking yang menawarkan jaringan antar teman, profil pribadi, blog, grup, foto, musik, dan video. MySpace bermarkas di Beverly Hills, AS, dan dimiliki oleh News Corporation. Saat ini diperkirakan telah memiliki anggota sekitar 70 juta di seluruh dunia.

MySQL


Sebuah perangkat lunak sistem manajemen berbasis data SQL atau DMBS yang multi-thread, multi-user, dengan sekitar enam juta instalasi di seluruh dunia. Sistem manajemen database gratisan yang menggunakan SQL (Structured Query Language) sebagai bahasa yang umum digunakan untuk menambah, mengakses, dan memproses data dalam sebuah database.

Name Drive

Setiap drive pada PC memiliki nama berupa salah satu huruf antara A sampai Z. Misalnya drive C, drive D, drive E, dan lainnya.

Native Resolution

Menyatakan jumlah piksel maksimal yang dapat ditampilkan oleh display. Dengan setting display pada native resolution, maka sebuah display akan menghasilkan tampilan yang paling bagus atau optimal. Hal ini hanya berlaku untuk monitor LCD atau plasma.

NC

Singkatan dari Network Computer, yaitu komputer berharga murah untuk keperluan bisnis. Biasanya dipasang di intranet suatu perusahaan untuk menurunkan biaya pengeluaran.

NCP

Dukungan terhadap Netware melalui protokol NCP.

NCQ

Singkatan dari Native Command Queuing, yaitu suatu command protocol pada SATA yang memungkinkan harddisk menentukan sendiri urutan perintah saat harddisk beroperasi. Protokol ini memiliki banyak kesamaan dengan protokol TCQ (Tagged Command Queuing) yang biasanya ditemukan pada harddisk SCSI. Selain mempercepat kinerjanya, juga akan mengoptimalkan umur mekanisme dari harddisk.

NCSA

Singkatan dari National Center of Supercomputer Application, yaitu suatu group peneliti yang mengembangkan Mosaic, browser grafikal yang terkenal.

Netiquette

Kependekan dari Internet Etiquette, yaitu etiket yang diterapkan di internet atau etika/tatakrama dalam berinternet.

Netizen

Singkatan dari Net Citizen. Istilah yang digunakan untuk menyebut para pengguna internet.

Netscape

Browser grafikal komersial terkenal. Nama perusahaan pembuat aplikasi browser Netscape Navigator. Kadang program tersebut lebih dikenal dengan nama Netscape saja.

Netter

Istilah yang biasa digunakan untuk menyebut pengguna internet. Sering pula disebut Netizen.

NetWare

Sistem operasi jaringan yang dikembangkan oleh Novell, dan protokol jaringan yang digunakan untuk berkomunikasi dengan client dalam network.

Network

Sekelompok komputer yang terhubung, yang bisa saling berbagi sumber daya, seperti misalnya printer, modem, atau yang lainnya, dan juga data. Bisa pula sekumpulan komputer yang saling terkoneksi dan dapat berinteraksi/berkomunikasi satu dengan yang lainnya.

Network Adapter

Sebuah perangkat keras (hardware) yang digunakan untuk menghubungkan komputer ke jaringan. Sebuah network adapter bisa berupa kartu PCI ataupun terhubung dengan sebuah komputer secara eksternal melalui USB atau parallel port.

Network Admnistrator

Orang yang bertanggung jawab untuk mengurus network serta membantu para pemakai.

Network Bridge

Bagian dari device hardware atau software yang membuat koneksi di antara jenis-jenis media jaringan yang berbeda. Windows XP menyediakan software network bridge yang mudah di-setup.

Network Card

Papan sirkuit komputer yang diinstal pada sebuah komputer untuk mengijinkan komputer berhubungan ke jaringan.

Network Crawler

Sejenis program perusak yang biasa disebut virus atau worm, dan menyebabkan lambatnya kinerja dalam jaringan.

Network Hub

Data yang dipertukarkan serta dikirimkan dari satu komputer ke komputer-komputer lain di jaringan.