Apa yang Disebut Web Browser?

Apa yang Disebut Web Browser?

BIBLIOTIKA - Web Browser adalah program untuk melihat halaman web di World Wide Web. Browser akan membaca file HTML dan menampilkannya menjadi suatu informasi yang dapat dilihat melalui layar monitor. Browser dapat pula membaca file HTML dan grafis, meskipun tidak terkoneksi ke internet. Beberapa browser yang terkenal di antaranya adalah Microsoft Internet Explorer, Opera, dan Mozilla Firefox.

Selain Web Browser, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

VPN

Singkatan dari Virtual Private Network, yaitu suatu jaringan yang menggunakan fasilitas jaringan publik/umum tetapi mempunyai policy seperti pada jaringan privat/pribadi. Pengguna dapat menikmati fasilitas-fasilitas yang ada pada jaringan privat seperti tingkat keamanan yang tinggi, quality of service (QoS), kemudahan manajemen, dan tingkat kepercayaan yang tinggi.

VPN merujuk pada sebuah jaringan atau network yang sebagian di antaranya terhubung dengan jarinan internet, tetapi lalu-lintas data yang melalui internet dari network ini secara virtual tertutup (private).

VRAM 

Singkatan dari Video Random Access Memory (Video RAM), yaitu tipe spesial dari DRAM yang memungkinkan akses direct high speed memory melalui sirkuit video. Jenis memori ini lebih mahal dibandingkan chip DRAM yang konvensional.

VRML

Singkatan dari Virtual Reality Modeling Language, yaitu sebuah spesifikasi untuk menampilkan gambar objek 3D melalui world wide web. Untuk dapat melihat sebuah situs yang memuat VRML, pengguna harus melengkapi browser dengan plugin VRML.

VSAT

Singkatan dari Very Small Aperture Terminal, yaitu stasiun bumi yang digunakan pada satelit komunikasi sinyal data, suara, dan video, kecuali pemancaran televisi.

VSAT terdiri dari dua bagian, yaitu sebuah transceiver yang diletakkan di tempat terbuka sehingga dapat secara langsung menerima sinyal dari satelit, dan sebuah piranti yang diletakkan dalam ruangan untuk menghubungkan transceiver dan piranti komunikasi pengguna akhir (end user), seperti PC. VSAT dapat mengirimkan data sampai dengan kecepatan 56 Kbps.

VXD

Singkatan dari Virtual Extended Driver, yaitu sebuah ekstensi sistem operasi yang mengatur resource sebuah komputer, sebuah format file dari Microsoft yang merupakan sebuah program. Program ini berfungsi untuk mengoperasikan device-device tertentu pada Windows. Contohnya adalah Auto-Protect. Program ini berfungsi untuk mengoperasikan device-device tertentu pada Windows.

W3C


Singkatan dari World Wide Web Consortium, yaitu sebuah organisasi internasional yang berperan dalam pengembangan standarisasi dalam dunia world wide web (WWW). W3C menjadi standar dari berbagai macam penyedia jasa untuk pembangunan dari teknologi yang berhubungan dengan web, seperti HTML.

Wafer

Lempengan tipis suatu material semi konduktor, seperti kristal silikon, yang nantinya digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat core CPU atau core logic lainnya, melalui proses difusi atau juga penempatan beberapa material lain.

WAIS

Singkatan dari Wide Area Information Servers, yaitu sistem yang membolehkan untuk melacak dokumen yang memuat informasi yang sedang dicari. WAIS merupakan layanan terdistribusi yang menawarkan masukan bahasa alami sederhana, pencarian berindeks untuk perbaikan secara cepat, serta suatu mekanisme timbal balik yang relevan dimana hasil-hasil pencarian awal dapat mempengaruhi pencarian yang akan datang.

Wallpaper

Gambar yang digunakan sebagai background di layar monitor, terutama desktop. Wallpaper merupakan istilah yang dipakai Microsoft Windows, sedangkan MacOS menggunakan istilah Desktop Picture.

WAN

Singkatan dari Wide-Area Network, yaitu komputer yang terhubung dan berada pada tempat yang berjauhan, dan dihubungkan dengan menggunakan line telepon atau gelombang radio.

Watermark

Format gambar yang dapat saling bertumpang tindih tanpa menutup seluruh image yang berada di bawahnya. Biasanya disebut pula dengan gambar yang tembus pandang.

Warez


Sebutan bagi pembajak software di internet.

Warm Boot

Melakukan restart komputer dengan menekan tombol Ctrl+Alt+Del, atau melakukan shutdown dan restart.