Apa yang Disebut VoIP?

 Apa yang Disebut VoIP?

BIBLIOTIKA - VoIP adalah singkatan dari Voice over IP, yaitu suatu mekanisme untuk melakukan pembicaraan telepon (voice) dengan menumpangkan data dari pembicaraan melalui internet atau intranet (yang menggunakan teknologi IP).

Selain VoIP, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

Monitor

Alat output komputer yang berupa display untuk dapat menunjukkan secara langsung ketika pemrosesan oleh komputer sedang terjadi atau sedang berlangsung. Piranti untuk menampilkan citra yang dihasilkan oleh video adapter komputer.

Monochromatic

Memiliki arti yang sama seperti hitam dan putih, tetapi bisa pula menunjuk kepada kombinasi warna lain yang terdiri atas dua warna, misalnya biru dan kuning.

MOO

Singkatan dari Microsoft Office Online, yaitu website untuk Microsoft Office yang berisi tools dan bantuan. Selain itu juga menyediakan artikel how to, tip, template, clipart, plugin, media, dan lain-lain. Konten Office Online hanya tersedia secara eksklusif di internet—tidak seperti Microsoft Windows atau Visual Studio yang tersedia dalam bentuk CD.

Morpheus

Sebuah aplikasi P2P yang dapat digunakan pada lima jaringan P2P. Morpheus dikembangkan oleh StreamCast Networks Inc.

Mortal Combat

Sebuah game dengan genre fighting yang sangat terkenal. Mortal Combat diciptakan oleh Ed Boon, dan game tersebut berisi pertarungan yang sangat keras serta banyak memakai efek darah.

Motion Blur

Fitur blur yang digunakan untuk membuat objek tidak fokus karena bergerak pada saat lensa kamera terbuka untuk menangkapnya.

MOTO

Singkatan dari Mail Order/Telephone Order, yaitu suatu transaksi pembayaran tanpa sebuah kartu. Transaksi ini dilakukan melalui telepon atau e-mail secara online di website.

Movable-head Disk Unit

Piranti penyimpanan data atau sistem yang berisi sejumlah disk berlapis magnet, yang permukaannya digunakan untuk menyimpan data. Data-data tersebut disusun pada track berbentuk lingkaran mengelilingi disk, dan bisa diakses untuk pembacaan atau penulisan oleh head yang bisa digerakkan secara mekanis.

Movable Type

Software blogging yang diciptakan oleh Six Apart. Pada tahun 2007, Movable Type menjadi layanan blogging gratis (dikeluarkan di bawah ketentuan GPL atau General Public License).

Move Tool

Tool dalam Photoshop yang berfungsi untuk memindahkan atau menduplikasi area terpilih atau layer.

Movie

Kumpulan beberapa scene. Movie berisi scene, object, effect, dan action, karena semua unsur itulah sebenarnya yang membentuk animasi pada movie.

Mozilla

Nama internal dari browser Netscape Navigator.

MP

Singkatan untuk microprocessor. Bisa pula singkatan untuk microsecond (seperjuta detik).

MPL

Singkatan dari Mozilla Public License, yaitu lisensi yang digunakan untuk mengendalikan lisensi Mozilla Application Suite, dan software yang berhubungan. Source code yang dikopi atau diubah di bawah lisensi MPL harus tetap berada dalam MPL, tapi mereka bisa dikombinasikan dengan software property.

MPU 

Singkatan dari Micro Processor Unit. Sama dengan CPU.

MS Card

Singkatan dari Memory Stick Card, yaitu suatu kartu memori yang diperkenalkan pada tahun 1998 oleh perusahaan Sony Corporation, untuk dipergunakan pada perangkat-perangkat milik Sony, khususnya kamera digital. Kemudian, pada tahun 2003 diperkenalkan Memory Stick PRO, yang memiliki kapasitas dan kemampuan yang telah berkembang dari pendahulunya.

Msconfig

Singkatan dari Microsoft System Configuration Utility, yaitu sebuah utilitas untuk memecahkan masalah pada proses startup Windows. Utilitas ini telah dibundel dengan OS Windows sejak Windows 98, kecuali Windows 2000. Msconfig memodifikasi program yang berjalan pada proses startup, dan pada umumnya digunakan untuk men-disable program-program yang tidak diinginkan untuk mempercepat kinerja sistem atau memperpendek jeda pada waktu boot.

MS-DOS

Microsoft Disk Operating System. Sistem Operasi pertama dari Microsoft.