Apa yang Disebut Virus Komputer?

Apa yang Disebut Virus Komputer?

BIBLIOTIKA - Virus Komputer adalah istilah untuk sebuah program komputer yang memiliki kemampuan untuk menggandakan diri dengan cara menyisipkan programnya ke dalam sebuah file lain. Mirip seperti virus biologis, virus komputer juga dapat menyebar pada file-file dalam sebuah komputer, atau bahkan menulari file di komputer lain, baik melalui jaringan maupun lewat kegiatan tukar-menukar file.

Sebuah virus dapat berisi rutin-rutin tertentu yang diisikan oleh programmer virus. Rutin-rutin ini bisa saja berisi perintah perusakan, atau hanya sekadar menampilkan suatu pesan.

Selain Virus Komputer, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

Virus Bootstrap-Sector

Virus yang berdiam diri di bagian pertama harddisk atau media penyimpan lain, yang dikenal sebagai boot sector.

Virus Companion

Virus yang bekerja dengan cara menciptakan sebuah program tiruan dengan nama yang sama, kemudian mengelabui sistem operasi untuk menjalankan program yang dipalsukan tersebut.

Virus Macro

Virus yang ditulis dalam bahasa makro, dan ditempatkan dalam sebuah dokumen.

Virus Multi-Partite

Virus yang menggabungkan kemampuan dari virus-virus parasitic dan bootstrap-sector.

Virus Parasit


Virus yang mengganggu file eksekusi atau program di dalam sistem PC. Virus-virus ini dapat beraksi secara langsung atau singgah sejenak terlebih dulu di memori komputer.

Online

Aktif dan siap untuk operasi—dapat berkomunikasi dengan atau dikontrol oleh komputer. Online juga digunakan sebagai istilah terhubung ke jaringan internet.

Upload

Memasukkan atau mengirimkan file/data dan informasi digital dari terminal atau komputer ke server di internet. Terkadang disebut pula dengan istilah uplink.

Uptime

Waktu dimana sebuah website dapat diakses/online.

URI

Singkatan dari Uniform Resource Identifier, yaitu sebuah alamat yang menunjuk ke sebuah resource di internet. URI biasanya terdiri dari bagian yang disebut skema (scheme) yang diikuti sebuah alamat.

URL Direction


Suatu proses mengalihkan pengguna ke URL yang berbeda secara otomatis, tanpa campur tangan dari pengguna.

Usability


Layanan produk yang disediakan untuk kemudahan pengguna dalam rangka mencapai tujuan-tujuan tertentu.

USB 2

Versi baru dari USB yang dapat mempercepat koneksi antara PC dan periferal eksternal.

Usenet

Lebih lengkapnya adalah Usenet news, atau dikenal pula dengan sebutan Net News, atau News saja. Usenet adalah singkatan dari User Network. Merupakan sebuah bulletin board yang sangat besar dan tersebar di seluruh dunia yang dapat dipergunakan untuk bertukar artikel.

Siapa pun bisa mengakses Usenet news tersebut dengan program-program tertentu yang biasanya disebut newsreadrer. Akses ke server news bisa dilakukan dengan menggunakan protokol NNTP atau dengan membaca langsung ke direktori spool untuk news, yaitu direktori dimana artikel berada.

Usenet Newsgroups

Kumpulan pesan yang disampaikan pengguna, dan perbincangan di sejumlah search engine berbeda yang dikirimkan ke server-server di jaringan global.

User Friendly

Istilah untuk software atau hardware yang memudahkan pengoperasian bagi para penggunanya, seperti misalnya penggunaan GUI pada operating system yang memudahkan pengguna dalam memakainya, tanpa harus mengetik pada konsol untuk setiap perintah. Kemudahan itu bisa pula berupa menu yang gampang dimengerti dan dipahami tanpa harus melihat manualnya.

UserID


Nama yang digunakan untuk mengakses sebuah sistem komputer. UserID, dan juga password, diperlukan dalam sistem multi-user yang memungkinkan para pengguna memilih userID dan password sendiri.

User Session

Setiap kali pengguna masuk ke sebuah website dengan alamat IP yang unik dalam kurun waktu tertentu, biasanya 20-30 menit, maka hal itu dianggap sebagai satu sesi pengguna. Tetapi jika si pengguna mengklik situs tersebut dan kemudian mengkliknya lagi dalam jangka waktu tertentu, maka hal itu tidak akan dihitung sebagai sesi pengguna lainnya.