Apa yang Disebut Virtual Server?

Apa yang Disebut Virtual Server?

BIBLIOTIKA - Virtual Server adalah server yang berada di lokasi orang lain yang dibagi dengan sejumlah pemilik website, sehingga setiap pemilik website dapat menggunakan dan mengelolanya karena memiliki kuasa penuh atas server tersebut.

Selain Virtual Server, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

Write-Behind Caching

Sebuah teknik caching yang digunakan oleh sejumlah disk caches. Data yang menanti untuk dimasukkan akan disimpan sementara di dalam RAM, dan kemudian akan ditulis ke dalam disk pada saat kondisi CPU idle (hidup tetapi diam).

Apabila komputer dimatikan pada saat masih terjadi transfer data, maka data akan hilang. Windows 9x disk cache, yang disebut juga VCACHE, menggunakan write-behind caching (disebut juga sebagai write caching). Write-back caching hampir serupa dengan write-behind caching, tetapi digunakan untuk caches internal dan external memory.

WSP/WISP

Internet Access Provider atau Internet Service Provider yang berusaha memberikan layanan sambungan nirkabel broadband dan sambungan untuk station bergerak kepada perusahaan pengguna.

WUXGA

Singkatan dari Wide Ultra eXtended Graphics Array, yaitu spesifikasi tampilan yang memiliki resolusi 1920 x 1200 piksel.

WXGA

Singkatan dari Wide Extended Graphics Array, yaitu suatu standar tampilan display dengan resolusi 1280 x 786 piksel. Berbeda dengan XGA (Extended Graphics Array) yang memiliki resolusi 1024 x 768 piksel, atau dengan kata lain memiliki aspek rasio 4 banding 3, WXGA akan menampilkan display dengan rasio 16 banding 9 (wide screen). Penggunaannya lebih cocok untuk wide screen presentasi ataupun untuk menonton film berformat wide screen. Selain itu juga berguna untuk mengerjakan spreadsheet.

WYSIWYG

Singkatan dari What You See is What You Get, yaitu suatu fungsi pada sistem PC yang mampu menampilkan hasil printer secara persis sama dengan tampilan teks dan grafik yang ada di layar monitor. Untuk mendapatkan teks WYSIWYG harus ada kesesuaian karakter font pada sistem PC dengan font pada printer.

X2

Teknologi yang digunakan oleh perusahaan USRobotics untuk mengimplementasi modem 56 k.

X.25

Sebuah protokol yang menentukan pertukaran paket. X.25 merupakan standar CCITT yang mendefinisikan protokol komunikasi untuk mengakses jaringan packet switched. X.25 didesain untuk mengoperasikan keefektifan tanpa memperhatikan tipe sistem koneksi ke jaringan. Hal ini khususnya digunakan untuk menjalankan operasi dalam Packet Switched Networks (PSNs), misalnya perusahaan telepon.

X.75

Cara menyambung bersama-sama jaringan X.25.

X86

Istilah yang sering digunakan untuk menyebut set intruksi yang digunakan pada kebanyakan arsitektur prosesor untuk desktop PC. Istilah ini mengacu pada set intruksi yang tersedia pada prosesor Intel 16-bit, yang dikenal dengan 8086 CPU. Set intruksi ini terus digunakan dan dikembangkan hingga sekarang, baik pada prosesor Intel, AMD, VIA, dan prosesor lain yang mengadopsi set intruksi x86 yang paling populer untuk komputer desktop.

Xabre

Chipset grafis dari SiS yang mendukung penuh AGP 8x dan DirectX. Chip ini merupakan chip grafis pertama yang mendukung kedua fitur tersebut.

X-Card

Disebut pula xD Picture Card, yaitu sejenis flash memory card yang dikembangkan oleh Olympus dan FujiFilm, serta mulai diperkenalkan pada tahun 2002.

64 bit

Merujuk pada prosesor dengan register yang dapat menyimpan angka 64 bit. Pada umumnya, arsitektur 64 bit bisa meningkatkan proses data dua kali lebih cepat. Salah satu fitur yang dimiliki adalah dukungan memori hingga 1 terrabyte, sementara pada 32 bit hanya sampai 4 gigabyte. Arsitektur 64 bit sangat berguna untuk pekerjaan yang berat, seperti pencarian database dalam jumlah besar, atau encoding video berkapasitas besar.

XMMS

Singkatan dari X Multimedia System, yaitu sebuah player untuk format MP3, WAV, MOD, dan format lainnya, yang bisa digunakan pada sistem operasi Linux.