Apa yang Disebut Virtual Memory?

 Apa yang Disebut Virtual Memory?

BIBLIOTIKA - Lebih lengkapnya adalah virtual unlimited memory. Yaitu fungsi memori yang dimiliki oleh suatu harddisk dan berbentuk seperti file. Aplikasi dalam mengakses memori melalui alat virtual, yang kemudian diterjemahkan (dipetakan) oleh hardware khusus menjadi sebuah alamat fisik.

Selain Virtual Memory, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

Winamp

Suatu program MP3 untuk menjalankan musik berformat MP3. Winamp merupakan pemutar MP3 paling terkenal, sekaligus paling banyak digunakan.

Windows CE

Biasa disingkat menjadi WinCE, merupakan varian dari sistem operasi Microsoft Windows, untuk diaplikasikan pada komputer kecil atau piranti digital mobile. Windows CE menggunakan kernel yang berbeda dari yang digunakan pada Microsoft Windows desktop.

Windows Scripting Host

Fasilitas pada Windows yang dapat menjalankan script Visual Basic atau JavaScript. Script dapat dijalankan dari desktop dengan menggunakan program WSCRIPT.EXE atau CSCRIPT.EXE.

WINE

Singkatan dari WINE is Not Emulator, yaitu aplikasi yang mampu menjalankan aplikasi Windows di Linux tanpa membutuhkan MS Windows.

Wingdings

Font berjenis TrueType yang disertakan dalam semua versi Windows, mulai dari Windows 3.1. Pada mulanya, font ini dikembangkan oleh Type Solutions pada tahun 1990, tetapi kemudian diambil alih oleh Microsoft.

WinSock

Singkatan dari Windows Sockets, yaitu suatu cara standar bagi program-program Windows untuk bekerja dengan TCP/IP. Dipakai bila dihubungkan dengan PC Windows secara langsung ke internet, entah dengan suatu hubungan permanen ataupun dengan sebuah modem memakai SLIP atau PPP.

WinWAIS

Program berbasis Windows yang memungkinkan memakai WAIS untuk melacak informasi tentang internet.

Wizard

Sebuah fungsi pada software, termasuk office, yang memungkinkan untuk merancang sebuah dokumen secara mudah, langkah demi langkah.

WMA

Singkatan dari Windows Media Audio, yaitu format kompresi musik digital yang dikembangkan oleh Microsoft, yang dimainkan pada Windows Media Player versi mutakhir. Kualitasnya setara dengan MP3.

WML

Singkatan dari Wireless Markup Language, yaitu salah satu turunan dari format HTML yang khusus dikembangkan untuk digunakan pada protokol WAP.

WordPress

Salah satu layanan blog gratis yang terkenal di internet, yang disediakan oleh sebuah perusahaan bernama Automattic. WordPress sangat populer, terutama karena dukungan komunitasnya yang sangat aktif, dimana ada ribuan orang yang menyediakan template gratis, plugin, dan dukungan terhadap pengembangan proyek WordPress.

WordPress Plugin

Kode-kode khusus yang dibuat dengan tujuan untuk mengembangkan kemampuan software, dalam hal ini WordPress. Terdapat ribuan plugin WordPress yang telah dibuat, dengan fungsi yang sangat beragam.

Workgroup

Dua orang atau lebih yang terhubung melalui LAN yang menggunakan file, database, dan resource lain secara bersama-sama.

Worksheet

Kertas kerja yang terdiri dari sel-sel kolom dan baris yang dapat memanipulasi data-data numerik. Nilai yang ditampilkan dalam sebuah sel dapat berupa hasil penghitungan sel lain, dengan menggunakan rumus tertentu.

Workstation

Sebuah komputer yang terhubung dengan sebuah Local Area Network (LAN). Workstation juga dapat diartikan sebagai single-user komputer yang berdaya penuh, yang kebanyakan berjalan di bawah UNIX operating system. Workstations ditujukan bagi high-end graphics dan aplikasi desain tambahan.

Biasanya disebut pula sebagai graphics workstations. Secara tipikal, sebuah workstation memiliki sistem operasi UNIX yang dapat menjalankan beberapa task pada saat yang bersamaan. Workstation pada umumnya memiliki sejumlah memori megabyte, dan display dengan resolusi tinggi. Pada saat ini, istilah workstation juga dipakai untuk menyebut komputer yang terhubung dengan suatu jaringan.