Apa yang Disebut Virtual Hosting?

Apa yang Disebut Virtual Hosting

BIBLIOTIKA - Virtual Hosting adalah persediaan untuk layanan web server hosting, sehingga setiap individu atau perusahaan tidak perlu membeli atau tetap memakai web server yang dimilikinya, dan terhubung dengan internet.

Selain Virtual Hosting, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

XMP

Singkatan dari Xtreme Memory Profile, yaitu suatu teknologi profile untuk memori yang dikembangkan oleh Intel dan diproduksi melalui kerjasama dengan Corsair.

XNS


Xerox Network System atau XNS dibuat perusahaan Xerox di akhir tahun 1970 dan awal tahun 1980. XNS didesain dengan tujuan agar dapat digunakan sebagai jarak lintas dari variasi media komunikasi, seperti prosesor dan aplikasi perkantoran. Beberapa protokol XNS menyerupai Internet Protocol (IP) dan Transmission Control Protocol (TCP).

XT

Singkatan dari eXtended Technology, yaitu istilah untuk komputer yang menggunakan prosesor Intel 8086/8088.

X Terminal

Sebuah terminal yang memakai antarmuka grafis X. Antarmuka ini membolehkan pengguna untuk membuka banyak sekali jendela di layar, dan melaksanakan semua jenis pekerjaan dalam waktu yang bersamaan. X terminal populer di dunia UNIX.

Yahoo

Singkatan dari Yet Another Hierarchically Organized Oracle. Pada saat ini, Yahoo telah menjadi salah satu nama perusahaan dan situs web serta search engine yang terkenal di internet.

Yahoo Messenger

Suatu perangkat lunak untuk penanganan chatting dan e-mail.

Z-Buffer

Area dari memori grafis yang digunakan untuk menyimpan Z atau kedalaman informasi atau objek yang digambar. Nilai Z-buffer sebuah piksel digunakan untuk menentukan apakah ia terletak di belakang atau di depan piksel lainnya. Kalkulasi Z mencegah objek pada background menimpa objek yang berada di depannya dalam frame buffer.

ZIP

Ekstensi untuk file kompresi yang paling banyak dan umum digunakan di dunia MS-DOS dan Windows. Beberapa berkas dapat digabungkan menjadi satu dan dikecilkan ukurannya dalam satu berkas ZIP (zip file). Ada beberapa program untuk memanipulasi berkas ZIP ini, antara lain PKZIP dan PKUNZIP (shareware untuk MS-DOS), WinZip (untuk Windows 95), serta zip dan unzip (untuk UNIX).

Zip File

File yang dikompres dalam format ZIP.

ZIF Socket


Singkatan dari Zero Insertion Force Socket, yaitu sebuah tipe socket yang didesain agar mudah dimasuki oleh chip PGA.

0.13-Micron Technology

Istilah industri yang mengacu pada ukuran gerbang poly silicon pada mikro prosesor. Ukuran di sini berhubungan langsung dengan kecepatan dan daya yang dibutuhkan oleh mikro prosesor. Jika ukuran dikurangi maka kecepatan prosesor (MHz) meningkat, sementara kebutuhan daya menurun secara signifikan.

1G

Singkatan dari First Generation, yaitu generasi seluler pertama yang berteknologi analog. Contohnya adalah AMPS, TACS dan NMT.

2G

Singkatan dari Second Generation, yaitu generasi seluler kedua yang memperbarui generasi pertama dalam bidang teknologinya. 2G berteknologi digital, yang merupakan pembaruan dalam bidang transfer data. Contohnya adalah GSM (menggunakan protokol CSD, HSCSD, GPRS dan EDGE).

2.5G

Generasi selular kedua yang diperbarui sebelum menuju 3G. Contohnya adalah penggunaan GPRS pada GSM.

3D Studio Max

Software untuk pembuatan animasi tiga dimensi. Sejak pertama kali dirilis, 3D Studio Max menjadi pemimpin dalam aplikasi pembangunan animasi tiga dimensi. 3D Studio Max sering digunakan untuk membuat model-model rumah atau furniture. Selain itu, banyak pula digunakan di dalam seni digital dan pembuatan game.

3G

Singkatan dari Third Generation, yaitu generasi seluler ketiga. Dibuat dan digunakannya spesifikasi ini pada dasarnya hanya untuk mempercepat transfer data pada teknologi seluler digital. Contohnya adalah EDGE pada GSM, UMTS, dan CDMA 2000 1x.

5.1

Format speaker yang terdiri dari lima speaker satelit (sepasang speaker depan, sepasang speaker belakang, dan speaker sentral) dan sebuah subwoofer, yang mampu menghasilkan suara surround murni. Mayoritas suara dihasilkan oleh tiga speaker di depan (termasuk subwoofer), speaker sentral untuk menghasilkan suara dialog, dan speaker belakang untuk suara efek dari belakang.