Apa yang Disebut Vector?

Apa yang Disebut Vector?

BIBLIOTIKA - Vector adalah titik-titik yang dihubungkan dengan garis, sehingga membentuk gambar atau tulisan, dan mengandung unsur matematis seperti arah, ukuran, sudut, ketebalan, dan sebagainya. Karena berupa titik, maka gambar yang terbuat dari vector dapat diperbesar seberapa pun tanpa risiko gambar menjadi pecah.

Selain Vector, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

Superdrive

Istilah yang digunakan Apple di tahun 1998 untuk perangkat floppy drive 1,4 MB. Pada masa sekarang, ketika penggunaan floppy sudah tidak populer, Apple kembali menggunakan istilah tersebut untuk DVD writer yang diintegrasikan dalam model Macintosh terbaru.

Superhighway

Istilah yang digunakan untuk menyatakan bahwa informasi dapat diterima dengan cepat oleh orang di seluruh penjuru dunia.

Surfer

Pemakai komputer yang sedang menjelajahi internet.

Surfing

Istilah lain untuk browsing di internet.

Surround Sound

Sistem suara atau sound system yang dapat membuat ilusi suara bersifat multi-arah, melalui penempatan speaker dan proses sinyal.

Suspend

Keadaan ketika semua operasi dalam komputer dihentikan untuk mengurangi daya dan mencegah akses ke file. Dalam komputer notebook, suspend akan aktif ketika pengguna menutup notebook tersebut. 

S-Video

Koneksi video dengan kualitas lebih baik, yang mampu memisahkan informasi warna dan ketajaman. Biasanya digunakan pada camcorder atau kartu grafis terbaru.

Swap File

Sebuah file disk yang secara non-permanen digunakan untuk menyimpan program atau sebagian program yang berjalan pada memori.

Swappable Drive Bay

Kolom-kolom drive dalam komputer yang dapat ditukar-tukar penggunaannya.

System Board

Sistem utama yang ada pada komponen-komponen CPU komputer, suatu tempat menempelnya komponen-komponen lain.

System Bus

Menggabungkan prosesor dengan memori utama, mengatur transfer data dan intruksi antara dua komponen. Prosesor Intel Pentium 4 mendukung system bus dengan performa tertinggi untuk desktop dengan memberikan hingga 3,2 GB data per detik ke dan dari prosesor, atau tiga kali bandwith dari prosesor sebelumnya. Hal ini dilakukan melalui skema sinyal quad pumping transfer data melalui 100 MHz clock system bus, dan skema buffer yang memungkinkan transfer data tetap pada 400 MHz.

System Timing

Waktu bagi sistem. Pada komputer, system timing ditangani oleh BIOS. Meskipun komputer dimatikan, system timing akan tetap up to date karena adanya baterai CMOS.

System Tray

Biasanya bisa ditemukan pada pojok kanan taskbar, berisi icon program yang dijalankan secara otomatis, dan akan terus bekerja ketika komputer dinyalakan atau diaktifkan. Contohnya adalah program antivirus.

System V and Coherent

Merupakan filesystem UNIX generasi lama, dan dukungan ini hanya diperlukan bila memiliki data-data lama dan ingin memindahkannya ke filesystem yang baru.

T1

Jenis koneksi network jarak jauh dengan bandwidth 1Mbps.

Tabbrowser Preferences

User Interface (UI) untuk mengubah jumlah tab yang disembunyikan. Juga menyediakan fungsi untuk mengontrol link internal dan eksternal, serta bagaimana cara browser menanggapinya.

Tabel Pivot

Tabel interaktif yang mengkombinasikan dan membandingkan data yang satu dengan lainnya dalam sekumpulan data.

Tab Mix Plus

Aktivitas membuka beberapa link sekaligus pada tab, menggabungkan tab, dan menutup tab yang sejenis.

Tag

Istilah atau keyword yang bersifat non-hirarki yang ada di internet bookmark, gambar digital, atau file lainnya. Tag membantu menggambarkan sebuah item. Tag juga bisa diartikan sebagai label, atau suatu deskriptor atau simbol untuk elemen-elemen dalam sebuah bahasa, misalnya HTML.

Tag Pairs

Tag pairs atau tag yang berpasangan, adalah tag yang menggunakan dua macam tag untuk menandai wilayahnya. Tag pairs menggunakan tag pembuka untuk menandai bagian awal dari sebuah element, dan menggunakan tag penutup untuk menandai akhir dari sebuah element.