Apa yang Disebut User Interface?

Apa yang Disebut User Interface?

BIBLIOTIKA - User Interface adalah tampilan grafis yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan komputer. Tampilan yang terlihat pada sistem operasi ini dibuat sesederhana mungkin, untuk memudahkan pengguna dalam bekerja. User interface dilengkapi dengan simbol, icon, teks, dengan bahasa yang mudah dipahami. Juga dilengkapi dengan menu navigasi yang membuatnya mudah diakses, ketika pengguna ingin masuk ke dalam sistem atau aplikasi tertentu.

Selain User Interface, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

Tape Cartridge

Cartridge yang berisi pita (tape) magnetik, biasanya digunakan untuk melakukan backup harddisk.

Tar

Suatu format file untuk arsip. Nama itu diambil dari tape archiver. Pada Linux atau UNIX, format tersebut dibuat dengan program tar. Pada awalnya, format tar digunakan untuk tape backup, namun sekarang sudah sangat umum digunakan, terutama untuk menggabungkan kumpulan file atau direktori menjadi satu file tar, yang umumnya disebut tarball.

Taskbar

Sebuah on-screen toolbar yang terdapat pada layar yang menunjukkan task atau aplikasi yang sedang aktif atau berjalan. Apabila pengguna mengklik tombol taskbar, maka aplikasi yang sedang berjalan akan kembali pada startup-nya atau pada posisi awalnya.

Task Pane

Fitur yang diperkenalkan pada Microsoft Office XP, dan terletak di sebelah kanan kertas kerja. Task pane memberikan kemudahan bagi pengguna untuk menggunakan perintah, mengumpulkan informasi, dan memodifikasi dokumen. Sebuah task pane bisa memuat satu atau beberapa halaman, dan setiap halaman dipisahkan dalam sebuah section.

TB

Singkatan dari Terabyte, yaitu satuan pengukuran dalam komputer, digunakan untuk mengukur harddisk, memori, dan lain-lain. 1 TB = 1024 GB.

TBMA

Singkatan dari TwinBank Memory Architecture, yaitu arsitektur memori Nvidia yang memungkinkan CPU, GPU dan MCP secara simultan mengakses bandwith sistem memori dan memastikan akses yang berkelanjutan untuk semua aplikasi setiap saat.

TCM

Singkatan dari Thermal Conduction Module, yaitu sebuah teknik pengepakan sirkuit dari IBM yang memuat chips, boards, dan komponen-komponen, di dalam satu modul. Modul ini berfungsi sebagai sebuah heat sink. TCM pada umumnya bersifat water cooled, tetapi ada juga beberapa tipe yang bersifat air cooled.

TCP

Singkatan dari Transmission Control Protocol, yang merupakan bagian dari TCP/IP. TCP dan UDP (User Datagram Protocol) adalah dua protokol transport di TCP/IP. TCP memastikan bahwa sebuah pesan dikirimkan secara tepat dan dengan utuh, sedangkan UDP lebih banyak digunakan untuk program video dan musik.

Technorati


Layanan mesin pencari blog, yang memberikan informasi tracking blog, tautan link dan posting dari seluruh dunia. Salah satu fiturnya yang paling terkenal adalah daftar Technorati Top 100 yang memberikan ranking atas 100 blog paling populer di dunia berdasarkan jumlah link dari blog lain.

Telematika

Singkatan dari telekomunikasi dan informatika.

Telnet

Perangkat lunak yang didesain untuk mengakses remote-host dengan terminal yang berbasis teks, misalnya dengan emulasi VT100. Penggunaan Telnet dianggap rawan dari segi keamanan. Pada saat ini, penggunaan Telnet telah digantikan dengan protokol SSH dengan tingkat keamanan yang lebih baik.

Template

Desain dasar blog. Dokumen yang berisi model-model tampilan untuk pembuatan dokumen lain. Bentuk tata letak yang sudah jadi, tinggal diisi bagian-bagiannya dengan isi atau materi yang diinginkan pengguna.

Terminate And Stay Resident

Suatu program yang berlokasi di dalam memori komputer, dan akan diaktifkan dengan jalan menekan kombinasi beberapa tuts keyboard.

Terminator


Perangkat yang dipasang pada ujung kabel RG-58 jaringan ethernet, yang berfungsi untuk menghilangkan loss (hilangnya sinyal) pada saat sinyal dikirimkan.

TeTeX

Impelementasi dari TeX untuk sistem UNIX. TeX mengambil file teks dan sekumpulan perintah format sebagai input. Biasanya, TeX digunakan sebagai penghubung dengan paket seperti LaTex atau Plain Tex.